Kapolsek Sukolilo Kembali Tindak Tegas Pelaku Balapan Motor Liar

0
Kapolsek Sukolilo Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sahlan SH MM
Kapolsek Sukolilo Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sahlan SH MM berada di ruas jalan raya Cengkalsewu, Kecamatan Sukolilo, Pati - Bulung, Kecamatan Jekulo, Kudus saat harus merazia para pelaku balapan motor liar, Kamis (31/Maret) 2022 kemarin.(Foto:SN/dok-lan)

SAMIN-NEWS.com  PATI – Kapolsek Sukolilo AKP Sahlan SH MM bersama personel jajaran kembali harus mengambil tindakan tegas terhadap pelaku balap motor liar, di ruas jalan antara Cengkalsewu, Kecamatan Sukolilo, Pati – Bulung, Kecamatan Jekulo, Kudus. Lagi-lagi, para pelaku ini adalah anak-anak baru gedhe (ABG) yang notabene adalah pelajar yang masih duduk di bangku SMP maupun SMA.

Akan tetapi, untuk pelaku balap motor liar, Kamis (31/Maret) 2022 sore kemarin, dari lima orang yang berhasil diamankan saat di lokasi, ada beberapa di antaranya yang tidak berasal dari wilayah Kecamatan Sukolilo. Sebab, dari hasil pemeriksaan mereka di ketahui ada yang berasal dari wilayah Kecamatan Tambakromo dan Kecamatan Kayen, Pati, serta ada satu lagi yang berasal dari Desa Bulung, Kecamatan Jekulo, Kudus.

Hal tersebut mengindikasikan, papar Kapolsek Sukolilo, AKP Sahlan SH MM, mereka sengaja menguji kesabaran pihaknya, dikira hanya akan tinggal diam dalam menghadapi para pelaku balap motor liar. Sehingga kelompok ini pun sepertinya tak sungkan lagi, untuk mendatangkan temannya dari wilayah kecamatan lain di Pati, dan bahkan sudah menyeberang pula ke wilayah Kudus.

Terlepas dari hal tersebut, maka dalam upaya menciptakan situasi dan kondisi menjelang datangnya Bukan Suci Ramadhan, pihaknya akan terus melancarkan tindakan tegas terhadap para pelaku balap liar. ”Kami sudah menyiapkan strategi khusus, dalam menghadapi kondisi selama puasa Ramadhan nanti,”tandasnya.

Kapolsek Sukolilo AKP Sahlan SH MM saat memimpin langsung penanganan balapan motor liar (atas) dan memberikan pengarahan kepada para pelaku yang berhasil diamankan, lengkap dengan barang bukti motor untuk balapan, di Mapolsek Sukolilo.(Foto:SN/dok-lan)
Kapolsek Sukolilo AKP Sahlan SH MM saat memimpin langsung penanganan balapan motor liar (atas) dan memberikan pengarahan kepada para pelaku yang berhasil diamankan, lengkap dengan barang bukti motor untuk balapan, di Mapolsek Sukolilo.(Foto:SN/dok-lan)

Dalam pelaksanaan razia balap motor liar ini, lanjutnya, berlangsung mulai pukul 16.30 hingga selesai dengan lokasi tepatnya, di ruas jalan raya Sukolilo – Jekulo Kudus (Desa Kasiyan-Dukuh Poncomulyo, Desa Gadudero, Kecamatan Sukolilo, Pati) Untuk keperluan tersebut pihaknya mengerahkan kekuatan 21 personel, sehingga memang masih ada pelaku yang berhasil meloloskan diri.

Dengan demikian, pelaku yang berhasil diamankan hanya berjumlah lima orang dan barang bukti berupa sepeda motor untuk balapan sebanyak 7 unit. Kelima orang tersebut, masing-masing tiga orang dari Kayen, satu dari Tambakromo, dan satu dari Bulung, Kecamatan Jekulo, Kudus, tapi yang lainnya berhasil kabur, sehingga pelaku  yang dari Sokolilo tidak ada.

Barang bukti sepeda motor yang untuk balapan liar dan diamakan di Mapolsek Sukolilo.(Foto:SN/dok-lan)
Barang bukti sepeda motor yang untuk balapan liar dan diamakan di Mapolsek Sukolilo.(Foto:SN/dok-lan)

Sebab, beberapa waktu lalu mereka sudah ada yang terjaring dalam razia balap motor liar di lokasi tak jauh berbeda. Mengingat mereka statusnya masih sebagai pelajar, maka tindak lanjut penanganannya terhadap mereka diberikan pembinaan dengan menghadirkan orang tua mereka dan kepala desanya, untuk membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi lagi perbuatannya.

Selain itu, mewajibkan pelaku balapan liar setiap Senin dan Kamis wajib absen di Mapolsek Sukolilo dengan didampingi orang tuanya. ”Untuk sepeda motor sementara masih diamankan di Mapolsek Sukolilo, dan akan dikeluarkan bila surat maupun kelengkapan sepeda motor itu sesuai peruntukannya, sehingga semuanya sudah beres,”imbuh AKP Sahlan SH MM.