Harga Daging Ayam di Pasar Puri Sudah Sentuh Rp37 Ribu

0
49

SAMIN-NEWS.com, PATI – Menjelang lebaran Idul Fitri harga daging ayam potong di Pasar Puri harganya mulai naik. Kenaikan harga daging ayam ini diprediksi masih akan terus merangkak hingga hari H lebaran.

Hal tersebut disampaikan Dewi, salah satu penjual ayam potong di Pasar Puri. Menurutnya, kenaikan harga daging ayam saat ini masih cenderung kecil dengan kenaikan hanya seribu rupiah per kilogram.

“Hari Rabu sore mulai ada kenaikan harga ayam potong. Naik, tapi kenaikan ini cuma baru sedikit yakni Rp 1 ribu. Harga daging saat ini Rp37 ribu per kilogram,” ujarnya, kemarin.

Pihak menilai, kenaikan harga daging ayam saat hari-hari besar termasuk menjelang lebaran sangat wajar. Karena, permintaan masyarakat jelas akan naik dan dari peternak juga biasanya harganya sudah cukup tinggi.

Meski saat ini menyentuh Rp37 ribu itu, dirinya menyebut biasanya sampai lebaran, bisa naik terus harganya. Sementara habis lebaran turunnya harga daging ayam potong cukup lama, berkisar antara dua minggu sampai tiga minggu.

Dia mengaku, pembeli daging ayam lebih tinggi tahun kemarin dibanding dengan jelang lebaran tahun ini. Bahkan, harga daging ayam kala itu menembus Rp45 ribu per kilogram.

Ia menegaskan dengan berkurangnya pembeli berpengaruh terhadap penghasilannya. Pasalnya, tahun ini yang membeli daging ayam berkurang.

“Berpengaruh, karena yang beli ayam berkurang jadi penghasilan saya juga sedikit. Per harinya saya menyiapkan dagangan daging ayam sekitar 2,5 kuintal atau 120 ekor ayam, kadang habis jualannya, kadang juga masih sedikit,” terangnya.(adv)