Gerakan Pemuda Ka’bah Bagi Takjil di Tugu Bandeng

0
Personel Gerakan Pemuda Ka'bah (GPK) Pengurus Anak Cabang (PAC) Margorejo saat membagikan makanan dan minuman pembatal puasa, di pinggir jalan raya pantura Pati-Kudus atau di kawasan Tugu Bandeng, di Desa Sokokulon, Kecamatan Margorejo.(Foto:SN/dok-kun)
Personel Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK) Pengurus Anak Cabang (PAC) Margorejo saat membagikan makanan dan minuman pembatal puasa, di pinggir jalan raya pantura Pati-Kudus atau di kawasan Tugu Bandeng, di Desa Sokokulon, Kecamatan Margorejo.(Foto:SN/dok-kun)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Memasuki minggu ketiga ibadah puasa Ramadan, Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK) Margorejo, tak ketinggalan ikut menaruh kepedulian warga. Hal tersebut diwujudkan dalam bentuk pemberian makanan dan minuman pembatal puasa atau yang lazim disebut takjil.

Lokasi yang dipilih berkait dengan hal tersebut tak lain di pinggir jalur pantura Pati-Kudus, atau tepatnya di seputaran Tugu Bandeng, di Desa Sokokulon, Kecamatan Margorejo. Untuk memudahkan pelaksanaan pembagiannya, sengaja diberikan di lampu merah untuk pengguna jalan dari timur (Pati) yang terletak di sisi selatan jalan.

Sebab, papar Ketua GPK PAC Margorejo, Purwanto, jika pembagian takjil juga dilaksanakan di sisi utara jalan untuk warga yang melintas dari Kudus ke Pati, sedikit mengalami kesulitan, ”Masalahnya, ruas jalur itu untuk pengguna jalan baik yang berkendara roda dua maupun empat yang dari barat (Kudus) lurus ke timur masuk Kota Pati, sehingga biasanya memacu kendaraannya langsung,”ujarnya.

Berbeda dengan warga yang berkedara dari timur, lanjutnya, begitu mereka berhenti saat lampu merah menyala, maka takjil yang sudah dipersiapan langsung dibagikan kepada para pengendara yang berhenti sehingga tidak ada yang kelewatan. Karena itu, dalam waktu tidak lebih dari 30 menit, sebanyak 200 paket makanan dan minuman tersebut, semua yang sudah disiapkan langsung habis terbagi.

Dengan demikian, hal itu rasanya sangat melegakan meskipun hanya satu langkah kecil tapi bisa ikut berbagi dengan sesama di Bulan Suci Ramadan yang merupakan bulan penuh berkah bagi umat Islam. Salah satunya adalah dengan berbagi kebahagiaan kepada orang yang mendapatkan takjil menjelang berbuka puasa.

Melalui upaya itu, maka para pemuda anggota GPK PAC Margorejo juga mendapatkan nilai plus karena semakin kompak dan tentu saja meningkat rasa jiwa sosialnya, serta merasa lebih peduli antarsesama. ”Apalagi, setelah kami melihat dan membagikan makanan pembatal puasa itu ternyata warga pun meresponsnya cukup baik,”imbuhnya.