Dishub Gelar Ramp Check Transportasi Mudik Lebaran di Kembang Joyo

0
32
Petugas gabungan dari Dishub, Satlantas dan Jasa Raharja melakukan pemeriksaan kendaraan pengangkut pemudik di Terminal Kembangjoyo Pati, Senin (25/4/2022)
Petugas gabungan dari Dishub, Satlantas dan Jasa Raharja melakukan pemeriksaan kendaraan pengangkut pemudik di Terminal Kembangjoyo Pati, Senin (25/4/2022)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati melakukan pemeriksaan atau ramp check kelayakan bagi kendaraan transportasi mudik lebaran tahun 2022, di Terminal Kembangjoyo Pati, Senin (25/4/2022).

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional (Dalops) pada Dishub, Nita Agustiningtyas mengatakan selain dari tim Dishub, kegiatan ramp check ini juga melibatkan petugas Satlantas Polres Pati dan Jasa Raharja.

“Ramp check kita lakukan di terminal Kembangjoyo Pati. Untuk jumlah kendaraan sesuai kondisi saat dilakukan pengecekan. Dan kita ada satu tim dari Dishub, ditambah dari Satlantas dan Jasa Raharja,” katanya.

Dalam kesempatan itu, dirinya menyatakan setidaknya terdapat sekitar 20 bus yang diperiksa. Namun jumlah tersebut, semestinya masih ada lagi. Tetapi karena kondisi saat itu hujan deras, akhirnya hanya sejumlah itu.

Kendati begitu, dari 20 bus yang diperiksa itu dirinya menjelaskan sebagiannya sudah memiliki tanda laik jalan. Kendaraan yang digunakan sudah laik digunakan untuk kendaraan mudik lebaran.

“Karena kondisi hujan tadi, sehingga tidak semua bus dilakukan pengecekan. Tapi sebagian sudah bertanda stiker laik jalan. Ada sekitar 20an bus tadi, sebagian sdh berstiker laik jalan,” jelasnya.

Setidaknya pemeriksaan yang dilakukan itu meliputi daya angkut, daya muat, demensi sesuai. Kemudian penggunaan roda rem, lampu dan sebagainya.

Mengingat tahun ini antusiasme masyarakat untuk mudik sangat tinggi, diharapkan mematuhi syarat-syarat untuk melakukan perjalanan baik kelaikan kendaraan maupun pemudik untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.