Anggota DPRD Pati Ajak Warga Disiplin Prokes saat Ramadhan

0
Anggota DPRD Pati, Endang Sri Wahyuningati
Anggota DPRD Pati, Endang Sri Wahyuningati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Anggota DPRD Kabupaten Pati, Endang Sri Wahyuningati mengajak warga untuk disiplin mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) saat melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah guna mengantisipasi penularan Covid-19.

Dia mengungkapkan meski kasus penyebaran Covid-19 menurun, warga diminta untuk menerapkan Prokes. Namun, ini dilakukan dalam rangka menjadi kebiasaan new normal. Karena, meski kasus turun virus itu belum hilang.

“Kewajiban dalam bulan ramadhan tentunya harus dengan menerapkan protokol kesehatan karena ini hukumnya wajib dan tidak berat untuk kita laksanakan,” ungkap Ning kepada wartawan, Kamis (7/4/2022).

Pihaknya khawatir jika Prokes ini tidak dilaksanakan secara ketat, kasus Covid-19 akan kembali meroket di Kabupaten Pati seperti bulan-bulan sebelumnya. Seperti di awal tahun ini, tren kasus meningkat dan aktivitas pembelajaran dilaksanakan secara daring.

Kendati begitu, pihaknya mengungkapkan rasa syukurnya. Lantaran tahun ini pemerintah sudah melonggarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh Indonesia.

Sehingga  mudik lebaran dan  kegiatan keagamaan boleh dilaksanakan saat bulan ramadhan dan hari raya idul fitri 1443H. Menurutnya, lebaran bagi umat Islam adalah momen yang sangat krusial untuk bertemu sanak keluarga.

“Seperti yang kita ketahui, menjelang bulan ramadhan ini banyak persiapan yang harus dilakukan oleh umat muslim. Jangan sampai dengan adanya pandemi, menjadi pengganggu atau penghalang umat muslim dalam melaksanakan kewajibanya,” tutupnya.(adv)