Warga Kemanggisan Jakarta Meninggal di Pati Positif Terpapar Covid-19

0
129
Saat pemakaman jenazah standar protokol Covid-19 dengan latar belakang para pelayat sudah ikut serta memasuki lokasi tempat pemakaman.(Foto:SN/dok-aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Seorang laki-laki, warga Kemanggisan, Palmerah, Jakarta, Selasa (8/Maret) 2022 sekitar pukul 11.30 WIB meninggal setelah beberapa hari dirawat di Rumah Sakit (RS) Keluarga Sehat Hospital (KSH) Pati. Dari hasil swab PCR, ternyata almarhum diketahui positif terpapar Covid-19.

Karena itu, upaya pemulasaraan jenazah dilakukan pihak rumah sakit setempat, dan pemakaman jenazah dengan standar protokol Covid-19 menjadi tugas Tim Relawan dari Tunggul Wulung. Sebab, pemakaman oleh keluarganya untuk jenazah tidak dibawa ke Jakarta, melainkan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) desa Bulumanis Kidul, Kecamatan Margoyoso.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun menyebutkan, mengingat TPU tempat pemakaman yang bersangkutan adalah masuk zona kawasan Pati utara, maka tugas pemakaman standar protokol Covid-19 ada pada relawan Tunggul Wulung yang bermarkas di kawasan Pantai Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti. ”Kami sudah mendapatkan perintah dari BPBD untuk melaksanakan tugas pemakaman itu,”ujar Koordinator Relawan Tunggul Wulung, Mbah Ali alias Mbah Anggur.

Informasi lain menyebutkan, bahwa almarhum masuk untuk menjalani perawatan di RS KSH Pati sejak Jumat (25/Februari) 2022 lalu dengan keluhan sesak nafas dan demam. Setelah menjalani perawatan selama 12 hari, akhirnya Selasa (8/Maret) siang ini meninggal positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil swab PCR.

Sementara itu, terpisah Tim Organik Pemakaman Janazah dari Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati, Purnama menginformasikan, bahwa sejak Minggu (6/Maret ) lalu hingga Senin (7/Maret) kemarin, Pati kembali memakamkan tiga jenazah standar Covid-19. Masing-masing, untuk hari Minggu dua jenazah, masing-masin pagi warga Desa Tluwuk, Kecamatan Wedarijaksa yang sebelum meninggal sempat dirawat di Rumah Sakit Islam Margoyoso.

Sedangkan petang harinya, pemakaman jenazah seorang laki-laki, warga Desa Muktiharjo, Kecamatan Margorejo. ”Untuk Senin (7/Maret) 2022 petang kemarin, kami ganti memakamkan jenazah seorang perempuan, warga Kampung Saliyan, Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati di TPI kampung setempat,”imbuhnya.