Selesai Ditambah Kubah Masjid Agung Pati Bila Hujan Bocor

0
Masjid agung pati
Usai hujan deras mengguyur para ”Sahabat Masjid” Agung Pati ini beramai-ramai membersihkan/mengepel lantai ruangan tengah masjid yang bocor.(foto:SN/dok-git)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Ditambahnya fasilitas kubah dengan biaya lebih dari Rp 1 miliar yang bersumber dari APBD Tahun 2021 Kabupaten Pati, ternyata Masjid Agung Pati, kini harus menghadapi permasalah baru. Yakni, bila sewaktu-waktu terjadi hujan deras mengguyur, bagian tengah ruangan masjid tersebut bocor, dan bocoran itu dipastikan berasal dari konstruksi kubah dimaksud.

Faktor penyebabnya, tetap diduga keras karena kurang cermatnya rekanan melaksanakan pekerjaan yang sejak Agustus 2021 lalu menjadi tanggung jawabnya. Akan tetapi, sampai Desember tahun yang sama (2021) hari kalender berakhir paket pekerjaan tersebut tidak bisa diselesaikan, sehingga pihak pengguna jasanya, yaitu Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) harus memperpanjang waktu pelaksanaan disertai denda keterlambatan.

Dari catatan yang dihimpun ”Samin News”, kendati sudah diperpanjang selama 40 hari hingga Tahun 2022, ternyata rekanan yang bersangkutan belum juga bisa menuntaskan pekerjaan tersebut. Sehingga perpanjangan waktu kedua masih juga diberikan, mengingat hal tersebut menyangkut fasilitas tempat ibadah yang setiap hari siapun melihatnya, karena berada di kawasan lingkungan Alun-alun Simpanglima.

Kontruksi letak kubah masjid agung pati
Konstruksi letak kubah yang sekelilingnya terdapat saluran untuk cucuran air yang dibatasi atap miring dan pondasi konstruksi letak kubah.(Foto:SN/dok-git).

Dengan demikian, perpanjangan waktu berhari-hari pun diberikan lagi sehingga seperti pelaksanaan paket pekerjaan sistem ”multiyear.” Sebab, sampai berakhirnya Tahun Anggaran (TA) 2021, pelaksanaan pekerjaan masih terus berlanjut, tapi juga tidak segera bisa dituntaskan, sehingga bekerja dalam kondisi buru-buru tak bisa dihindari.

Karena itu, hasil yang diberikan pihak penyedia jasa atas pekerjaannya kepada pengguna jasa adalah sebagaimana fakta yang tak terbantahkan. Yakni, kondisi Masjid Agung Pati sekarang ini bocor, dan sebentar lagi memasuki bulan Suci Ramadan, sehingga bila malam pasti akan berlangsung shalat tarawih, tapi hujan deras masih sering mengguyur.

Kontruksi letak kubah masjid agung pati
Beginilah kondisi konstruksi kubah Masjid Agung Pati, selain bagian bawah ditopang di atas pondasi bagian kerangka keseluruhan juga tampak jelas dari beberapa sisi.(Foto:SN/dok-git)

Ditanya berkait hal tersebut, Kepala Bidang Cipta Karya DPUPR Kabupaten Pati, Arif Wahyudi, membenarkan bahwa pihaknya sudah mendapatkan laporan tentang kondisi itu. ”Untuk perbaikannya akan secepatnya dilakukan, termasuk pada bagian pondasi letak kubah juga ada yang harus dilakukan pembenahan pula,”ujarnya.