Mulai Pekan Depan Sekolah Diizinkan Gelar PTM

0
93
Ilustrasi pembelajaran tatap muka (Media Indonesia)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Kabupaten Pati rencananya membuka kembali pembelajaran tatap muka (PTM) di satuan pendidikan pada minggu depan. Kebijakan PTM ini dibuka kembali setelah sebelumnya pembelajaran dilaksanakan melalui daring yakni berlaku sejak 14 Februari 2022.

Kebijakan PTM di satuan pendidikan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Bupati Pati Nomor 440/700 tentang Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Kabupaten Pati tertanggal 4 Maret 2022 yang ditandatangani Bupati Pati, Haryanto.

“Mulai hari Senin, 7 Maret 2022 pelaksanaan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan diperbolehkan dibuka kembali secara terbatas dan bertahap sebesar 50 persen dan sisanya dilakukan secara daring,” kata Haryanto dalam SE tersebut yang dikutip, Sabtu (5/3/2022).

Edaran itu ditujukan kepada stakeholder terkait mulai dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pati, Kepala Kemenag Pati dan Korwilcam Bidang Pendidikan se-Kabupaten Pati.

Kebijakan PTM ini diambil berdasarkan kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pembelajaran tatap muka dan dinamika jumlah kasus dari kalangan siswa, guru dan masyarakat terkonfirmasi Covid-19. Bersamaan dengan ini, SE sebelumnya nomor 440/426 tentang penghentian sementara PTM dicabut.

Bupati meminta semua yang terlibat dalam proses PTM harus tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Kemudian, di SE itu juga dijelaskan pemerintah daerah melarang satuan pendidikan terkait dengan penyelenggaraan wisata sekolah.

“Melarang penyelenggaraan wisata sekolah dalam bentuk apapun,” lanjut bunyi SE itu.

Apabila dikemudian hari terjadi peningkatan kasus konfirmasi Covid-19 dari kalangan siswa, guru dan masyarakat, maka pembelajaran tatap muka akan ditinjau kembali oleh pemerintah setempat.