Apel Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 Polres Pati

0
91
Apel pelaksanaan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 Polres Pati, Selasa (1/Maret) 2022 tadi pagi di halaman Polres setempat.(Foto:SN/dok-mas)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Bupati Haryanto Selasa (1/Maret) 2022 tadi pagi bertindak sebagai pejabat Apel Ops Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 Polres Pati yang berlangsung di halaman depan Polres setampat, di Jl A Yani Pati. Bertindak sebagai Komandan Apel, adalah Kaurregident Satlantas Polres Pati, Iptu Kurniawan Tri Atmaja.

Hadir dalam kesempatan itu, selain jajaran Forkopimda maupun yang mewakili juga Kabag, Kasat, dan Kasi di jajaran Polres Pati. Selain itu juga jajaran Kapolsek, Kasatpol PP, Kadinkes juga Kepala Jasa Raharja dan juga Dansubdenpom Pati.

Bupati Haryanto dalam menyampaikan arahan Kapolda Jawa Tengah antara lain menyebutkan, bahwa palaksanaan apel gelar pasukan yang berlangsung saat ini, adalah dalam rangka Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022. Tema operasi tersebut, yaitu ”Melalui Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 Kita Wujudkan Budaya Tertib Berlalu Lintas Guna Terciptanya Sitkamaseltibcarlantas yang Kondusif.”

Selain itu, hal tersebut juga dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, karena Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 ini merupakan operasi cipta kondisi kamseltibcarlantas pada masa pandemi Covid-19. Yakni, dengan mengedepankan giat presemtif dan preventif disertai persuasif dan humanis.

Bupati Haryanto saat menyematkan pita kepada peserta Apel Ops Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 di halaman depan Polres Pati, selasa (1/Maret) 2022 tadi pagi.(Foto:SN/dok-mas)

Hal tersebut, lanjutnya, dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin  masyarakat dalam berlalu lintas, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Opersai ini akan dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 1 sampai dengan 14 Maret 2022 secara serentak di seluruh Indonesia.

Diharapkan operasi ini dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19, menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta dapat meminimalisir fatalitas lakalantas. Yakni, utamanya yang mengakibatkan korban meninggal dunia.

”Beberapa hal yang perlu kami tekankan berkait dengan pelaksanaan operasi ini, di antaranya (1) Senantiasa memanjatkan doa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa sebelum melaksanakan tugas,”ujarnya.

Selain itu (2), mengutamakan keselamatan dan bisa menjadi contoh serta memedomani protokol kesehatan dalam melaksanakan tugas. (3)  Hindari pungli dan tindakan yang yang menjadi trigger ketidakpercayaan masyarakat kepada Polri, dan (4) Hindari tindakan yang kontra produktif serta sikap arogan sehingga kehadiran Polantas dapat dirasakan oleh masyarakat.

Selebihnya (5) Lakukan tugas operasi Keselamatan lalu Lintas Candi 2022 ini dengan penuh rasa tanggung jawab, profesional, dengan persuasif dan humanis. ”Dengan demikian, tidak menimbulkan komplain dari masyarakat,”imbuhnya.