Sampai Tengah Hari 1 Februari 2022 Belum Berlangsung Pembongkaran Bangunan di Kompleks LI

0
893
Bangunan di Kompleks Lorong Indah (LI) di Dukuh Bibis, Desa/Kecamatan Margorejo sampai waktu tengah hari siang ini, Selasa (1/Februari) 2022 (atas) dan Pos Satuan Pengamanan gabungan dengan latar belakang salah sebuah bangunan di kompleks tersebut (bawah).(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sampai tengah hari Selasa (1/Februari) 2022 atau saat berita ini ditulis, upaya pembongkaran bangunan di Kompleks Lorong Indah (LI) Dukuh Bibis, Desa/Kecamatan Margorejo belum berlangsung. Sesuai jadwal, mulai Senin (31/Januari) 2022 kemarin, masa berlakunya surat perintah (SP) agar masing-masing pemilik bangunan membongkar sendiri yang dilayangkan sejak 1 Januari 2022, sudah berakhir.

Dengan demikian, pembongkaran bangunan yang salah digunakan oleh para pemiliknya sebagai tempat prostitusi di kompleks tersebut, sesuai ketentuan seharusnya dilakukan oleh jajaran pihak yang berkompeten di Kabupaten Pati. Sehingga sampai siang tadi, sebanyak 70 unit bangunan baik yang bertempat di lorong I, II, dan lorong III kondisinya masih tetap seperti sedia kala.

Akan tetapi yang jelas, petugas di Pos Pengamanan yang disediakan di dalam lingkungan kompleks tersebut, tampak lengkap melaksanakan tugasnya berada di pos tersebut. Mereka, berasal dari jajaran TNI/Polri, dan Satpol PP yang jumlah pos pengamanannya ada dua lokasi, dan yang satu berada di pinggir jalan raya Pati-Kudus, atau tepatnya di depan kompleks Kampung Baru (KB) juga di Desa/Kecamatan Margorejo.

Terlepas dari hal tersebut, berdasarkan keterangan yang dihimpun ”Samin News” di seputaran kawasan Margorejo menegaskan, bahwa pembongkaran bangunan di kompleks LI oleh jajaran personel pihak yang berkompeten tetap dilaksanakan. ”Hanya saja, kapan waktu pelaksanaannya, hal itulah yang masih dirahasiakan,”ujar sumber tersebut menandaskan.

Tujuannya, lanjut dia, agar dalam pelaksanaan pembongkaran nanti tidak terjadi kegaduhan atau munculnya perlawanan dari pihak pemilik bangunan yang merasa dirugikan. Akan tetapi untuk melaksanakan tugas itu sebenarnya memang sudah siap, karena mendapat backup personel yang jumlah seluruhnya tidak kurang dari 500 orang, serta beberapa unit alat berat.

Bahkan, masih lanjut sumber yang sama, sampai Selasa tadi pagi, seluruh jajaran pihak terkait masih rapat koordinasi di kabupaten. ”Karena itu, lebih baik ditunggu saja kapan pelaksanaan pembongkarannya, tapi yang jelas untuk hari ini bisa dipastikan belum akan dilakukan pembongkaran bangunan di kompleks LI,”tegasnya.

Ketika hal tersebut ditanyakan kepada Kepala Satpol PP Kabupaten Pati, Sugiyono AP MSi juga tidak mengelak belum tahu kapan pembongkaran dilaksankan. ”Kami belum mendapat perintah dari Pak Bupati, dan berkait soal rapat hal itu membahas PPKM, dan masa pandemi Covid-19 Pati sudah menempati level 1,”ujarnya.

Tengah hari tadi sekitar pukul setengah 12.00 WIB sebuah mobil pribadi melintas dan melaju di jalanan sepi menuju kompleks LI, di Desa/Kecamatan Margorejo.(Foto:SN/aed)

Sementara Koordinator Warga Pemilik Bangunan di Kompleks LI, Budi Purnomo, ketika dihubungi melalui ponselnya menegaskan, pihaknya juga tidak mendapat informasi kapan pelaksanaan pembongkaran bangunan milik mereka. Hanya saja, sudah beberapa waktu terakhir ini, pihaknya juga melakukan penjagaan secara bergilir.

Karena itu, bagi bagi pemilik yang berada di tempat tak jauh dari kompleks LI, bisa melaksanakan tugas lebih dahulu. ”Akan tetapi yang lebih jauh dan bila pagi hari mempunyai kegiatan mencari sumber penghidupan, jadwal gilirannya bisa dilakukan pada siang hari, dan malamnya digantikan oleh yang lain,”imbuhnya.