Ruas Jalan Pati-Gembong Pernah Akan Diambil Alih Oleh DPU Provinsi Jawa Tengah

0
80
Akses ruas jalan Pati-Gembong yang mengalami kerusakan ringan diupayakan bisa dilakukan penambalan yang berlubang melalui upaya pemeliharaan.(Foto:SN/dok-an)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kendati akses ruas jalan Pati-Gembong yang pernah mengalami kerusakan harus dilakukan tambal sulam, tapi kerusakan yang terus terjadi tak bisa dihindari. Apalagi, bila turun hujan air pun banyak yang mengalir tidak lewat saluran pembuang yang memang sudah tertutup sehingga air hujan pun naik ke badan jalan.

Akibatnya, beberapa ruas pun akhirnya mengalami kerusakan termasuk bagian yang rusah sudah diperbaiki, tapi hal itu kembali lagi terjadi. Di antaranya adalah kerusakan pada ruas di sebelah barat Desa Muktiharjo, Kecamatan Margorejo, kerusakan dekat dengan Sekolah Kuda, di Desa Tamansari, Kecamatan Tlogowungu.

Jika diikuti semakin ke barat lagi menuju arah Gembong, kerusakan lainnya terjadi di Desa Kedungbulus, Wonosekar, dan tanjakan/turunan Towelo. ”Ya mudah-mudahan pihak yang berkompeten kembali melakukan perbaikan, meskipun hanya dengan penambalan bagian yang mengalami kerusakan paling parah,”ujar salah seorang warga Pohgading, Kecamatan Gembong, Wiyanto (52).

Penambalan ruas jalan Pati-Gembong yang saat ini mengalami kerusakan.(Foto:SN/dok-an)

Diminta tanggapannya berkait hal itu, Kepala Seksie (Kasie) Jalan Bidang Binamarga DPUPR Kabupaten Pati, Hasto Utomo mengungkapkan, bahwa untuk Tahun Angararan (TA) 2022 ini ruas jalan tersebut tidak mendapat alokasi APBD Kabupaten Pati untuk peningkatannya. Sebab, akses ruas jalan yang menuju ke daerah wisata religius Sunan Muria itu, sudah akan diambil alih oleh DPU Provinsi Jawa Tengah.

Berkait hal itu, pihaknya sudah pernah diajak bicara tentang permasalahan tersebut, termasuk kompensasi tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh DPUPR Kabupaten Pati. Yakni, bertanggung jawab pada ruas Jl Tunggulwulung menyambung ke Jl P Diponegoro, dan juga ke Jl Soponyono yang sebelumnya memang menjadi tanggung jawab DPU Provinsi Jawa Tengah.

Meningat kondisi demikian, pihaknya tetap menunggu tindak lanjutnya yang sampai sekarang ternyata belum ada, sehingga jika sudah dianggarkan APBD Kabupaten Pati, tiba-tiba Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga menganggarkan. ”Selain akses ruas jalan Pati-Gembong yang akan diambil alih kalah itu adalah ruas Jalan Cengkalsewu, Kecamatan Sukolilo ke Bulung, Kecamatan Jekulo Kudus,”imbuh Hasto Utomo.