Peduli Semeru; Undip Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Warga Terdampak Erupsi

SAMIN-NEWS.com, PATI – Universita Diponegoro (Undip) Semarang, tentu tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat luas, karena merupakan salah satu kampus ternama di Indonesia. Sehingga sudah semestinya jika ikut serta peduli terhadap warga yang beberapa waktu lalu terdampak erupsi Gunung Semeru, di Lumajang, Jawa Timur (Jatim).

Hal tersebut dibuktikan dengan kepeduliannya mengadakan pemeriksaan bagi warga, di wilayah yang bersangkutan, Sabtu (19/Februari) 2022 lalu. Kegiatan itu berlangsung di Balai Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang mulai pagi hingga sore hari sehingga tidak kurang dari 111 warga setempat antusias untuk memeriksakan kesehatannya.

Salah seorang warga yang memeriksakan kesehatannya orang tuanya, Giran karena sudah berusia lanjut dan tengah menderita sakit mengharap, agar dokter dari Undip dapat memberikan saran untuk kesehatan ayahnya. Yakni, dalam Bakti Kesehatan Undip pada Sabtu (19/Februari) pagi hari lalu. ”Alhamdulillah sudah diberi obat dan diberi saran, untuk kesembuhan bapak,”ujarnya.

Dari jumlah warga sebanyak itu, mereka mengikuti pemeriksaan kesehatan sejak pukul 09.00 s/d 15.00 WIB. Salah seorang dokter yang memeriksa pasien, dr Sri Suwarni mengungkapkan bahwa keluhan yang disampaikan warga bervariasi, mulai penyakit yang bersifat degeneratif, infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) hingga sakit tumor.

Salah satu Tim KKN Undip Semarang melakukan pemeriksaan kesehatan kepada salah satu warga di Balai desa Sumber Wuluh, Kecamatan Lumajang, Jawa Timur.(Foto:SN/dok-tim/dip)

Dalam pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter Undip dan Perawat Semarang tersebut berkolaborasi dengan  kegiatan KKN Undip Peduli Warga Terdampak Erupsi Semeru. Untuk kegiatan KKN di Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Jandipuro itu sudah berlangsung sejak akhir Januari 2022 lalu, dan akan berakhir 14 Maret 2022 mendatang.

Selama kegiatan pengabdian ini juga dilakukan pemeriksaan cek kolestrol, asam urat, dan gula darah sewaktu. Sedangkan yang menarik, adalah ikut diperiksanya secara sukarela dokter Hariadi Eko dari Universitas Lumajang (Unilu). ”Selain memeriahkan kegiatan Undip, saya juga ingin meyakinkan diri seperti apa kolestrol saya, alhamdulillah ternyata normal,”paparnya bahagia.

Ikut hadir dan meninjau kegiatan tersebut, adalah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Lumajang, dokter Bayu. Yang bersangkutan mengapresiasi pemeriksaan warga Lumajang, khususnya warga di Kecamatan Candipuro.

Sementara Sekretaris Desa (Sekdes) Sumber Wuluh, Syamsul Arifin berterima kasih sekali kepada Undip yang sudah bersedia hadir di desanya, dan mengobati warga. ”Kami sangat senang dan berharap, selain KKN di masa mendatang Undip juga bisa melakukan pengabdian lain, di desa ini,”ungkapnya.

Ditambahkan, kini warganya sedang bangkit kembali terutama untuk memulihkan kondisi ekonomi yang terpukul karena musibah erupsi Gunung Merapi. ”Syukur alhamdulillah Undip sudah berperan serta di tengah-tengah warga kami,”pungkas Sekdes Sumber Wuluh yang rumah kediamannya menjadi Posko KKN Undip Peduli Semeru 2022.

Adapun nama-nama anggota kelompok atau tim ini, adalah Maya Estika sari, dan Tina Panduwinata.Selebihnya ada pula Hanifa Inayanti, Yulia Dinda Puspaningtyas, Naomi Jimaguni , serta Agribisnis Undip 2019.(sn/tim)

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post E-Majalah Samin News Edisi Februari 2022
Next post 111 Tenaga Kesehatan di RSU RA Kartini Jepara Terpapar Covid-19
Social profiles