Kapolres Pati Buka Diklat Gada Pratama Satpam

0
Kapolres Pati AKBP Christian Tobing membuka Diklat Gada Pratama Satpam di Balaidesa Kutoharjo, Pati (7/2/2022)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kapolres Pati, AKBP Christian Tobing, SIK., MH., M.Si. membuka pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan satpam Gada Pratama 2022 tingkat Polres Pati yang bertempat di Aula Balaidesa Kutoharjo, Kecamatan Pati Kota, Kabupaten Pati, Senin (7/2/2022).

Melalui pelatihan ini, Kapolres Cristian Tobing berharap peserta dapat menambah pengetahuan, kemampuan dan profesionalitas dalam bekerja dan menjadi bekal bagi peserta yang akan menjadi Satpam.

Kapolres mengatakan perkembangan situasi Kamtibmas akhir-akhir ini dirasa masih sangat memprihatinkan. Menurutnya masih terdapat gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) berupa kejahatan baik di lingkungan masyarakat maupun di tempat kerja.

“Maka hal ini perlu kita sikapi dengan salah satunya peningkatan kemampuan para Satpam yang ada maupun calon Satpam yang mau bekerja,” ujar Kapolres.

Untuk menjaga kamtibmas itu, kata dia Polri berupaya dengan maksimal sistematis dan lebih terukur, dibutuhkan keberadaan pamswakarsa yang sah menurut perundang-undangan. Sehingga, melalui hal itu dapat berkriprah dan berperan aktif dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif khususnya dilingkungan kerja masing-masing.

Kegiatan Diklat Satpam Gada Pratama 2022 itu, pihaknya menekankan dan mendorong agar selalu mampu mengembangkan kemampuan masing-masing individu serta dalam bertugas menjaga etika profesi satpam.

“Tanamkan Etika Profesi bagi setiap anggota Satpam dalam bertugas. Serta tunjukkan juga dalam menjalankan tugas bisa melindungi, mengayomi, melayani masyarakat khusus di tempatnya kerja masing-masing,” tegasnya.

Di samping terkait gangguan kamtibmas, ia menegaskan saat ini masyarakat juga sedang menghadapi pandemi Covid-19. Apalagi juga sudah ditemukan kasus varian baru jenis Omicron. Kapolres mengingatkan dalam pelaksanaan diklat menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Ia menjelaskan kegiatan pendidikan dan pelatihan satpam Gada Pratama berlangsung selama 14 hari. Terhitung mulai tanggal 7 s/d 19 Februari 2022.