Hari Ini Pati Memakamkan Dua Jenazah Standar Protokol Covid-19

0
108
Pemakaman jenazah stadar protokol Covid di Desa Sidoharjo, Kecamatan Pati.(Foto:SN/dok-tim)  

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tim pemakaman jenazah standar protokol Covid-19 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Jumat (18/Februari) 2022 hari ini, kembali memakan dua jenazah laki-laki. Kedua almarhum meninggal dengan kondisi positif terkonfirmasi Covid-19, tapi satu di antaranya meninggal di rumah.

Khusus yang disebut terakhir, adalah warga Dukuh Setulan, Desa Sidoharjo, Kecamatan Pati, sebelum meninggal almarhum yang sudah uzur memang sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Soewondo Pati. Sebab, sejak masuk menjalani perawatan memang dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19.

Hal tersebut dibenarkan Ketua Tim Penanganan Covid-19 yang juga Camat Pati, Drs Didik Rusdiartono. Akan tetapi yang bersangkutan pulang paksa atau minta pulang atas permintaan sendiri (APS), dan meninggal di rumah duka, sehingga pemulusaraan jenazah sesuai protokol kesehatan harus dibawa kembali ke RSUD RAA Soewondo Pati.

Dengan demikian, untuk pemakaman dilaksnakan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) desa setempat. ”Sedangkan pemakanan jenazah tersebut dilaksanakan oleh tim Pemakaman dari BPBD Kabupaten Pati,”ujarnya.

Tim Pemakaman Jenazah Standar Protokol Covid-19 dari BPBD Kabupaten Pati saat mengusung jenazah terkonfirmasi positif Covid-19, di Desa Gadudero, Kecamatan Sukolilo, Jumat (18/Februari) 2022 siang tadi.(Foto:SN/dok-tim)

Terpisah, setelah melakukan pemakaman jenazah standar protokol Covid-19 di Desa Sidoharjo, Kecamatan Pati, tim pemakaman yang sama bergerak menuju ke Kecamatan Sukolilo. Tepatnya di Desa Gadudero, untuk melaksanakan tugas yang sama atas jenazah seorang laki-laki yang juga terkonfirmasi Covid-19.

Sebelum meninggal, almarhum sempat dirawat di RSUP Dokter Sardjito Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Karena itu pemakaman yang berlangsung di makam keluarga tersebut dimulai sekitar pukul 13.00 WIB sampai selesai.

Saat peti jenazah sudah siap di lubang pemakaman dan Kapolsek Sukolilo, Iptu Sahlan SH MM hadir di lokasi pemakaman tersebut.(Foto:SN/dok-sah)

Status almarhum memang terkonfirmasi Covid-19, tapi riwayat kontak pasien positif terduga belum tahu. Sedangkan riwayat vaksinasi, sebelum dirawat di rumah sakit sudah mendapat suntikan vaksin.

Hadir dalam pelaksanaan pemakaman tersebut, selain Kapolsek Sukolilo Iptu Sahlan SH MM juga Kepala Puskesmas Sukolilo I Edi Siswanto SKM MM, Kasi Tamtib Kecamatan Sukolilo, Ali Mahmudi dan Kades Gadudero Agus Yulianto. Selain itu, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Gadudero Aipda Dasar serta Serda Jamasri