Vaksinasi Serentak Merdeka Anak Usia 6-11 Tahun di Kecamatan Trangkil

0
54
Kapolres Pati AKBP Cristian Tobing SIk MH MSi bersama Waka Polres Kompol, Adi Nugroho  SH SIk berfoto bersama Camat Trangkil, Wahyu Wuriyanto  S SSos M (atas) dan Kapolres bersama jajaran saat mengikuti zoom meeting dengan Kapolri, di SDN 03 Trangkil (bawah).(Foto:SN/dok-kar)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Hari ini, Selasa (11/Januari) 2022 ratusan anak berusia 6 – 11 tahun, baik yang duduk di bangku SD maupun MI di wilayah Kecamatan Trangkil, secara serentak harus menerima suntikan vaksin. Karena itu, kesempatan tersebut merupakan Vaksinasi Serentak Merdeka anak usia tersebut yang dilaksanakan oleh Tim Dokes Polres Pati.

Dengan demikian, dalam kesempatan itu Kapolres Pati AKBP Cristian Tobing SIk MH MSi bersama Waka Polres Kompol Adi Nugroho SH SIk beserta seluruh jajaran hadir dalam pelaksanaan tersebut. Sebab selain pelaksanaan vaksinasi serentak, berikutnya dilanjutkan zoom meeting dengan Kapolri, di SDN 03 Trangkil.

Kapolres AKBP Cristian Tobing SIk MH MSi melalui Kepala Seksi (Kasie) Hubungan Masyarakat (Humas) Polres setempat, Iptu Sukarno menyampaikan, bahwa pelaksanaan vaksinasi serentak tersebut dimulai pukul 07.00 s/d 12.30 WIB. Lokasinya mengambil tempat di sekolah-sekolah, baik SD maupun MI di wilayah Kecamatan Trangkil.

Dalam kegiatan vaksinasi serentak itu, vaksin yang digunakan adalah jenis sinovac dengan jumlah sasaran yang akan dilakukan vaksinasi sebanyak 916 anak. ”Sedangkan petugas vaksinator oleh Tim Dokkes Polres Pati yang dipimpin Kepala Seksi (Kasie) Dokkes, Ipda Jasmani SKep,”ujarnya.

Kapolres Pati AKBP Cristian Tobing SIk MH MSi bersama Waka Polres Kompol Adi Nugroho SH SIk saat berdialog dengan anak-anak yang mendapat suntikan vaksin.(Foto:SN/dok-kar)

Untuk personel vaksinator yang melaksanakan tugas, lanjutnya terdiri dari beberapa tim, di mana untuk Tim 1 mulai melaksankan tugasnya pukul 07.00 s/d 08.00 atau selama satu jam di SDN 1 Kajar, Kecamatan Trangkil. Di SD tersebut, sebanyak 89 siswa yang mendapatkan suntikan vaksin, dan pukul 08.00 s/d 09.30 di SDN 2 Kajar dengan memberikan vaksinasi kepada 181 siswa.

Selain itu, ada pula Tim 2 yang bertugas mulai pukul 08.00 s/d 10.00 di SDN 5 Trangkil dengan memberikan vaksinasi  169 siswa, dan pukul 10.00 s/d 12.00 WIB di SDN 3 Trangkil memberikan vaksinasi 109 siswa. Sedangkan Tim 3 yang bertugas mulai pukul 07.00 s/d 08.00 memberikan vaksinasi kepada 208 anak di MI Mathaliul  Huda, di Desa Pasucen juga di Kecamatan Trangkil, dan pukul 08.30 s/d 10.00 di SDN 1 Mojoagung juga di kecamatan setempat, memberikan vaksinasi kepada 160 siswa.

Berkait teknis pelaksanaan vaksinasi serentak tersebut telah diatur sedemikian rupa yang meliputi meja 1 (registrasi), meja 2 (secreening dan pemeriksaan) dan meja 3 (penyuntikan vaksin) serta meja 4 (cetak kartu observasi). Bagi anak-anak yang menerima suntikan vaksin Sinovac C-19 tahap I untuk tahap II akan dilaksanakan 28 hari berikutnya setelah suntikan pertama.

Dari jumlah yang direncanakan mendapatkan vaksinasi Serentak Merdeka Anak Usia 6 – 11 tahun sebanyak 916 anak, ternyata jumlah terakhir yang berhasil divaksinasi seluruhnya berjumlah 80 anak. ”Dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut semua berjalan tertib, aman dan kondusif sampai berakhirnya kegiatan tersebut,”imbuhnya.