Tutup Tahun Imlek Shio Kuda; Sambut Tahun Baru Imlek Shio Macan Air

0
62
Kelenteng Hok Tik Bio di kompleks Pecinan Pati, Selasa (18/Januari) 2022 hari ini mulai berbenah dan berhias lampion.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Selasa (18/Januari) 2022 hari ini merupakan tutup Tahun Imlek 2572 di Tahun 2021 yang bershio Kuda Kayu, dan akan berganti Tahun Baru Imlek 2573 di Tahun 2022. Menjelang Tahun Baru Imlek yang akan jatuh pada Selesa Pon (1/Februari) 2022 nanti, adalah bershio Macan Air.

Untuk menyambut datangnya Tahun Baru Imlek 2573 di Tahun 2022, Pananggung Jawab Kelenteng Hok Tik Bio, di kompleks Pecinan Pati, Eddy Siswanto, hari ini mulai mempersiapkan diri untuk menghias kelenteng yang terletak di Jl MH Thamrin itu. Yakni, memasang/menghias serambi maupun pelataran depan dengan lampion.

Tidak hanya itu, Jl MH Thamrin yang berada di depan kelenteng pun tak jauh berbeda sebagai penanda bahwa saat menjelang datangnya Tahun Baru Imlek sudah tiba. Jika asal budaya tersebut dari negeri China saat ini tengah berlangsung musim dingin, maka di wilayah NKRI adalah saatnya berlangsung musim penghujan.

Terlepas dari hal tersebut, saat ini pihaknya juga mulai melakukan ritual sembahyangan dengan memanjatkan doa mohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa (Thian) semoga warga di Kabupaten Pati, dan umumnya warga NKRI selalu diberikan perlindungan oleh Thian. ”Selain itu juga di tahun bershio macan air ini juga segera dijauhkan dari masa pandemi Covid-19,”tandasnya.

Pemasangan lampion sebagai penghias serambi kelenteng dan halaman depan  mulai dilakukan dalam menyambut datangnya Tahun Baru Imlek 2573 di Tahun 2022, Selesa (1/Februari) 2022 mendatang.(Foto:SN/aed)

Dengan Tahun Imlek bershio Macan Air tersebut, lanjut Eddy Siswanto, kita pun berdoa memohon kepada Thian, agar virus Covid-19 ini juga segera dilenyapkan melalui kekuatan derasnya air yang melekat pada binatang buas, yaitu seekor macan. Sehingga di masa-masa mendatang meskipun kini muncul varian baru yang dikenal dengan Omicron, hendaknya juga segera disirnakan.

Karena itu, dalam menyambut datangnya Tahun Baru Imlek, pihaknya juga tidak menggelar keramaian yang memunculkan dampak berkerumunnya warga. Sehingga pihaknya pun dalam rangkaian penyambutan Tahun Baru Imlek ini, lebih dititikberatkan pada kegiatan bakti sosial, tepat di hari perayaan Imlek nanti, agar lebih bermanfaat dirasakan masyarakat yang membutuhkan.

”Berkait hal tersebut, kami sudah berkoordinasi dengan Bupati Pati, Bapak Haryanto, serta minta petunjuk, apa yang terbaik untuk kami laksanakan dalam menyongsong Tahun Baru Imlek,”imbuhnya.

Selain bakti sosial, masih papar Eddy Siswanto, satu hari menjelang datangnya Tahun Baru Imlek, atau tepatnya, Senin (31/Januari) s/d saat tahun baru,Selasa (1/Februari) 2022,di Kelenteng Hok Tik Bio juga membuka ”Warung Imlek Pati Bumi Mina Tani 2573 Imlek/2022 Gratis.” Dengan demikian, siapa saja warga yang hendak menikmati makan di warung tersebut, dipersilakan.

Akan tetapi, syaratnya yang hadir tetap harus memperhatikan ketentuan protokol kesehatan, sehingga tidak berkerumun melainkan secara bergantian. Yakni, sekali kelompok yang berkunjung makan di atur masing-masing 25 orang kali dua tempat yang disediakan, atau maksimal sekeli kelompok berkunjung cukup 50 orang.

Untuk rangkaian kegiatan selain berhias, di Kelenteng Hok Tik Bio, Kamis (20/Januari 2022) juga berlangsung bersih-bersih, mulai pukul 08.00 sampai selesai. ”Mengingat kelenteng itu warisan bangunan budaya milik siapa saja, maka bagi yang ingin ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut pun dipersilahkan,”ujarnya.