Relawan Emak-Emak dari Juwana; Mulai Mengkemas Material Baksos Tahun Baru Imlek

0
Emak-emak relawan bakti sosial (Baksos) menyambut Tahun Baru Imlek 2573 usai mengkemas material untuk keperluan tersebut, Minggu (23/Januari) 2022 kemarin (atas) dan para relawan Emak-bergambar bersama penanggung jawab/koordinator kelenteng se-Kabupaten Pati, Eddy Siswanto.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Satu di antara rangkaian acara dalam menyambut Tahun Baru Imlek 2573 di Tahun 2022, masih tetap menempatkan kegiatan bakti sosial (Baksos) yang tak bisa ditinggalkan oleh Panitia. Apalagi, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya setiap menyambut datangnya tahun baru tersebut di Pati,  selalu bersamaan dengan datangnya banjir kiriman.

Adapun yang menjadi sasaran genangan akibat meluapnya gelontoran air dari alur Kali Juwana bila hal itu terjadi, kawasan yang terdampak selalu sama. Akan tetapi, bersamaan dengan penyambutan Tahun Baru Imlek kali ini, banjir kiriman diharapkan jangan sampai terjadi, dan cuaca pun tidak terlalu ekstrem.

Kendati demikian, papar penyelenggara penyambutan Tahun Baru Imlek Kelenteng Hok Tik Bio Pati, Eddy Siswanto yang juga Koordinator Kelenteng se-Kabupaten Pati, pihaknya tetap mengagendakan kegiatan utama berupa bakti sosial kepada masyarakat. ”Persiapan untuk keperluan tersebut dalam pengkemasannya kami mendapat dukungan dari kalangan Emak-emak di Juwana,”ujarnya.

Emak-emak mengkemas material bakti sosial, di Kelenteng Hok Tik Bio Pati, Minggu (23/Januari) 2022 kemarin.(Foto:SN/dok-ed)

Apalagi, lanjutnya, paket untuk bakti sosial tersebut jumlah seluruhnya tidak kurang dari 3.000 paket, tapi dalam waktu seharian Emak-emak ini berhasil mengkemas sebagian atau 1.500 peket. Karena itu, pihaknya berterima kasih karena mereka yang bersangkutan memang merasa ikut peduli terhadap pelaksanaan kegiatan sosial dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek.

Dalam hal ini, bersama relawan lainnya juga dari Juwana juga cukup andal jika harus menjadwalkan kegiatan pelaksanaan bakti sosial tersebut, termasuk pendataan warga di daerah ini yang benar-benar harus diperhatikan. Dengan demikian, dari berapa material bantuan yang harus dialokasikan, jumlahnya yang berhak mendapatkan selalu tepat sasaran, serta waktu bisa dalam sehari bisa tuntas.

Karena itu, sebanyak 3.000 paket nanti sasaran alokasi pembagiannya, direncanakan selain di Pati juga di Juwana yang para relawan sudah siap seperti tahun-tahun sebelumnya. ”Karena yang sudah dikemas sebanyak 1.500 paket, maka kekurangannya 1.500 paket lainnya, Senin (23/Januari) 2022 atau hari ini akan dilanjutkan oleh ibu-ibu Polwan Polres Pati,”imbuhnya.