MTs Negeri 1 Jepara Terbaik di Jawa Tengah

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Senin (10/Januari) 2022 lalu Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Jepara, menempati peringkat pertama se-Jawa Tengah sepanjang periode Tahun 2021. Dalam rentang waktu selama satu tahun, madrasah negeri yang dipimpin Miftakhudin ini berhasil meraih 2.002 penghargaan resmi untuk berbagai kejuaraan, baik akademik maupun nonakdemik.

Seluruh penghargaan tersebut dicatatkan dalam D-PDM, aplikasi sistem pelaporan prestasi madrasah di lingkungan Kantor Wilayah Kementrian Agama Provvinsi Jawa Tengah.

Berkait hal tersebut, Kepala MTs Negeri 1 Jepara Miftakhudin merinci, peserta didik dari madrasahnya di Tahun 2021 tercatat 26 kali menjadi juara 1. Selebihnya meraih juara 2 sebanyak 9 kali, dan 19 kali menjadi juara 3.

Selain perolehan juara, juga ada raihan medali yang terdiri dari 499 kali medali emas, 663 medali perak, dan 604 medali perunggu. ”Selebihnya adapula 182 siswa yang mendapat honourable mention,”ujarnya ketika dijumpai di ruang kerjanya, Kamis (27/Januari) 2022 hari ini.

Miftakhudin, lebih lanjut menjelaskan,  kejuaraan yang diikuti selama Tahun 2021 bertaraf kabupaten, provinsi, nasional hingga internasional. Menurut dia, di MTs Negeri 1 Jepara ini telah terprogram pembinaan siswa meraih prestasi, yaitu mulai dari bidang olimpiade, bidang riset, serta seni dan olahraga.

Pembinaan tersebut dilakukan secara rutin dan disiplin, ditambah dukungan para orang tua sehingga banyak peserta yang bisa ikut lomba. ”Dengan demikian, peluang meraih prestasi menjadi besar,”paparnya.

Adapun yang terbaru, anak-anak dari MTs Negeri 1 Jepara menjadi juara umum National Science &Social Competition (NSSC) 1.0 2021 jenjang SMP/sederajat. Kompetisi itu sifatnya skala nasional, di mana saat itu MTs Negeri 1 Jepara berhasil meraih 74 penghargaan untuk 70 siswa yang dikirim.

Dari jumlah tersebut, masing-masing berupa 45 honorable mention, 3 keping medali emas, 10 medali perak dan 16 medali perunggu. Penghargaan tersebut berasal dari beragam bidang pada jenjang SMP/sederajat, NSSC melombakan lima bidang, yaitu Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA dan IPS.

”Juara umum kami dapatkan, karena berhasil meraih prestasi terbanyak dibanding seleuruh peserta se-Indonesia,”imbuhnya.

Untuk catatan prestasi sepanjang Tahun 2021 itu, diharapkan kian memacu semangat siswanya meraih prestasi tahun ini. ”Tapi prestasi yang diraih itu jangan sampai mengalahkan akhlaqul karimah,” tandas Miftakhudin.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Warga Mulai Bertanya; Mengapa Imlek Tidak Ada Keramaian Barongsai
Next post Gunung Merapi Terjadi Aktivitas Erupsi Efusif, Masyarakat Diminta Waspada
Social profiles