Alokasi Sementara Pupuk Subsidi di Pati sebesar 5.733 Ton

0
224
Alokasi sementara pupuk subsidi di Kabupaten Pati mencapai 5.733 ton (Kementerian Pertanian)

SAMIN-NEWS.com, PATI -Alokasi pupuk bersubsidi di Kabupaten Pati tahun 2022 belum bisa dipastikan berapa jumlah total yang dibutuhkan petani selama kurun waktu sepanjang tahun. Kuota pupuk subsidi di tahun depan apa ada penambahan atau justru sebaliknya terjadi pengurangan.

Hal tersebut diungkapkan Admin Kartu Tani Dispertan Kabupaten Pati, Mudya Surya Wirawan. Menurutnya saat ini alokasi pupuk subsidi untuk Kabupaten Pati masih dihitung dan menunggu regulasi dari pemerintah provinsi Jawa Tengah.

“SK alokasi pupuk bersubsidi untuk Kabupaten Pati tahun 2022 belum turun, karena dari provinsi pun belum ada itu,” kata Surya, Selasa (4/1/2022).

Meski begitu, untuk memenuhi kebutuhan pupuk petani, Dinas Pertanian menurutnya telah menerbitkan regulasi yang mengatur alokasi dan distribusi pupuk subsidi khusus penyaluran bulan Januari 2022.

Lebih lanjut, ungkapnya berdasarkan edaran yang telah ditandatangani Kepala Dinas Pertanian itu dijelaskan alokasi sementara untuk Januari 2022 di Kabupaten Pati sifatnya hanya sementara.

Ia mengatakan sesuai dengan edaran tersebut bahwa alokasi sementara pupuk subsidi pada bulan Januari ini totalnya sebanyak 5.733 ton. Angka itu terdiri dari beberapa jenis pupuk subsidi seperti Urea, ZA, NPK dan lainnya.

Masing-masing jumlahnya yaitu pupuk subsidi jenis Urea sejumlah 3.130 ton, jenis SP36 sebesar 60 ton, ZA dengan alokasi 313, pupuk NPK sebanyak 2.100 ton dan jenis pupuk organik Granul senilai 130 ton.