Warga dan Pemerintahan Desa Margorejo Bahu Membahu Bersama Koramil Perbaiki Tanggul Bobol

0
49
Warga Desa Margorejo, Kecamatan Wedarijaksa saat harus mengusung bilik dari bilah bambu menuju lokasi tanggul di desanya yang bobol beberapa waktu lalu.(Foto:SN/dok-nang)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Guyubnya warga dan Pemerintahan Desa Margorejo, Kecamatan Wedarijaksa, Pati, berlangsung Sabtu (4/Desember) 2021 hari ini. Mereka bersama-sama personel dari jajaran Koramil setempat juga bahu membahu untuk melaksanakan perbaikan tanggul di desa tersebut yang bobol beberapa waktu lalu.

Untuk keperluan tersebut, papar salah seorang warga setempat, Nanang juga tak lepas dari upaya pihak Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUTR Kabupaten Pati yang juga menerjunkan dua alat berat jenis ekskavator. Akan tetapi unit alat berat yang dikirim Kamis (2/Desember) lalu, ternyata mengalami gangguan pada bagian pompanya.

Akan tetapi hari berikutnya, atau Jumat (3/Desember) kemarin dikirim satu alat berat yang sama lainnya, dan siang harinya bersama warga langsung bekerja. ”Tahapan pekerjaan yang dilakukan tak lain, yaitu penataaan penguat konstruksi bawah dengan menggunakan material batang bambu yang jumlahnya memang cukup banyak,”ujarnya.

Penataan konstruksi penguat bawah dengan menggunakan potongan batang bambu yang dilakukan warga.(Foto:SN/dok/nang.)

Selain meterial tersebut, lanjutnya pemerintahan desa juga menyediakan bilik bambu yang juga sebagai tameng atau penguat saat konstruksi bawah sudah mulai ditutup dengan tumpukan karung berisi tanah, sehingga jika ada gerusan air yang terkena terlebih dahulu selain lapisan tanah bagian depan/dalam tanggul adalah biliknya. Karena itu, warga selain harus mengusung karung-karung berisi tanah liat juga bilik bambu.

Mengingat pelaksanaan perbaikan tanggul yang bobol dijadwalkan selama empat hari, maka warga yang bekerja bakti tentu harus dijadwalkan, agar tidak terlalu banyak berada di lapangan. Sebab, tahapan penempatan material baik batang dan bilik bambu maupun karung berisi tanah lihat tidak bisa dilakukan serentak, melainkan harus bertahap.

Penataan konstruksi penguat bawah dari batang bambu yang dilakukan oleh jajaran Koramil Wedarijaksa.(Foto:SN/dok-nang)

Dengan demikian, karena pelaksanaan pekerjaan kerja bakti dan gotong royong perbaikan tanggul bobol di Margorejo ini ditopang beroperasinya alat berat jenis ekskavator, maka hasilnya benar-benar maksimal. ”Sisa waktu dua hari, mulai Minggu (5/Desember) besok dan Senin (6/Desember) pekan depan, benar-benar sudah tuntas,”imbuhnya.