Siswa MTs Tarbiyatul Banin Winong Borong 89 Medali di Olimpiade Sains dan PAI Nasional

0
273
Membanggakan siswa MTs Tarbiyatul Banin borong 89 medali di kompetisi nasional OSPN

SAMIN-NEWS.com, PATI – Siswa MTs Tarbiyatul Banin memboyong 89 medali dalam ajang Olimpiade Sains dan PAI Nasional (OSPN) Tahun 2021. Olimpiade ini berlangsung pada 27 November oleh Edupreneur Global Indonesia secara daring.

Kepala MTs Tarbiyatul Banin, Yusuf Hasyim mengatakan pelaksanaan OSPN meski menjelang Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil. Tetapi, hal tersebut justru menjadi momentum para anak didiknya. Justru mereka tertantang membuktikan diri mengikuti di ajang Olimpiade serta meraih medali.

“Meski dilaksanakan saat menjelang PAS, mereka menganggap lomba-lomba atau olimpiade ini juga sekaligus sebagai wahana belajar,” kata Yusuf, Kamis (2/12/2021).

Ia merinci jumlah 89 medali yang diraih dalam OSPN 2021 terdiri dari Mapel Matematika Level 4 SMP/MTs memperoleh 25 Medali, Mapel IPA SMP/MTs Level 4 sebanyak 22 medali, Mapel Bahasa Inggris Level 4 sebanyak 18 medali dan Mapel PAI sebanyak 24 medali.

Keberhasilan para peserta didik dalam kompetensi tingkat nasional itu tidak terlepas dari peran para guru serta pendamping. Baginya adalah manajemen bidang Kesiswaan dalam upaya membimbing peserta didik sangat penting melahirkan bakat dan potensi mereka.

“Kuncinya adalah kekompakan bapak ibu guru Pembina dan motivasi kepada peserta didik. Disamping itu juga pentingnya manajemen khususnya bidang Kesiswaan madrasah dalam pembimbingan potensi peserta didik,” terangnya.

Yusuf mengungkapkan di MTs Tarbiyatul Banin membuka kelas khusus dengan tiga konsentrasi kelas, di antaranya Konsentrasi Tahfidz, konsentrasi SAINS dan kelas Reguler Keagamaan.

“Dari sinilah kecenderungan potensi siswa tergali dengan baik mulai saat seleksi PPDB, penempata kelas, dan dilanjutkan dalam pembinaan Sanggar Siswa Berprestasi (SSB),” imbuhnya.

Sebagai informasi sebelumnya, dua siswa kelas Sains MTs Tarbiyatul Banin juga berhasil meraih prestasi tingkat Internasional mapel IPA dan Matematika dalam ajang ASCIENCO (Asean Student Science Olympiad). Tercatat dalam Data Peserta Didik Madrasah (DPDM) Kementerian Agama, MTs Tarbiyatul Banin Winong Kab Pati ini berhasil meraih prestasi siswa sebanyak 149 medali Nasional sejak Januari 2021.