Setelah Dibiarkan Rusak Berat Lebih dari Satu Tahun; Ruas Jalan Bulungcangkring Batas Pati Diperbaiki

0
52
Ruas jalan Bulungcangkring, Kecamatan Jekulo, Kudus sebagai bagian dari wilayah perbatasan dengan Kabupaten yang selama ini dibiarkan rusak para, kini mulai diperbaiki.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Akses panjang ruas jalan Bulungcangkring hingga wilayah perbatasan dengan Kabupaten Pati yang lazim dikenal dengan sebutan jalan Cengkalsewu, Kecamatan Sukolilo, Pati – Bulungcangkring, Kecamatan Jekulo, Kudus, lebih dari 3.000 meter. Hal tersebut jika dihitung mulai batas Bulungcangkring, tepat dari ujung pertigaan masjid desa setempat ke selatan.

Dari panjang ruas jalan tersebut yang mengalami kerusakan dan selama ini hanya dibiarkan oleh pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, setidaknya mencapai 1.800 meter, yaitu dari pertigaan masjid ke selatan hingga batas jalan dengan rigid beton. Padahal, tiap hari lalu-lintas atau kendaraan yang melintas di lokasi itu, baik roda empat maupun dua sangat ramai, bahkan mulai pagi hingga malam.

Akan tetapi, papar salah seorang pelaksana pemeliharaan ruas jalan tersebut, M Amin, Pemkab Kudus melalui DPU kabupaten setempat, mulai melaksanakan pemeliharaan ruas jalan dimaksud, sepanjang 1.800 meter itu. ”Yakni, dengan melakukan  pengadaan aspal AC-WC (Asphhalt Concrete – Wearing Course) sebanyak 800 ton,”ujarnya.

Pengaspalan akses ruas jalan Bulungcangkring, Kecamatan Jekulo, Kudus yang selama ini dibiarkan mengalami kerusakan cukup parah.(Foto:SN/aed)

Aspal jenis itu, lanjutnya, merupakan lapisan perkerasan yang ditempatkan pada bagian paling atas dan berfungsi sebagai lapisan aus. Sebab, ketebalan dari aspal tersebut maksimal mencapai 5 cm, dan lebar badan jalan 4 meter sehingga dengan 800 ton material itu cukup untuk ruas jalan sepanjang 1.800 meter itu.

Sedangkan waktu pelaksanaan perbaikan dijadwal maksimal dua hari, mulai Sabtu (11/Desember) 2021 hari ini hingga Minggu (12/Desember) besok. Karena itu persiapan material aspal tersebut sudah dilaksankan pada tengah malam, sehingga saat selesai subuh sudah naik ke ”dump truck” pengangkut dari Pati ke lokasi, sehingga para pekerja lapangan sudah siap di lokasi pukul 05.00.

Dengan demikian, jika cuaca tidak terganggu turunnya hujan waktu dua hari yang dijadwalkan sudah tuntas, karena penutupan lubang-lubang di ruas jalan dengan beskos sebelumnya sudah dilalukan pihak DPU. ”Selesai dari lokasi ini, kami akan beralih menggelar aspal hasil pengadaan ini ke lokasi Jalur Lingkar Kudus,”imbuhnya.