Salut Cempaka Pati Bersama ACT Galang Bantuan Erupsi Semeru

0
65
Ketua Sentra Layanan UT (SALUT) Cempaka Pati, Daryati SPd MPd saat menyerahkan bantuan untuk korban erupsi Semeru dengan mendatangi Sekretariat Aksi Cepat Tanggap (ACT), di Kompleks Pecinan Pati.(Foto:SN/dok-dar)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dalam hal kepedulian terhadap penderitaan terhadap pihak yang tengah menghadapi derita akibat terjadinya bencana alam, warga Pati, tanpa instruksi langsung bergerak cepat. Yakni, menghimpun bantuan dari para pertisipan dan simpatisan maupun perseorangan, kemudian membawa serta menyerakannya langsung ke lokasi bencana.

Dalam dua hari terakhir ini, paling tidak sudah ada beberapa warga Pati yang sudah bergerak ke lokasi bencana di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim) tersebut. Sedangkan yang lainnya saat ini masih terus menghimpun untuk terkumpulanya bantuan itu, di antaranya adalah pihak Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang bermarkas di Kompleks Pecinan Pati dengan salah satu partisipan, yaitu Sentra Layananan Universitas Terbuka (UT) atau yang dikenal dengan SALUT Cempaka Pati.

Hal tersebut dibenarkan Ketua SALUT Cempaka yang bersangkutan, Daryati SPd MPd, ketika ditanya berkait hal tersebut, Jumat (10/Desember) 2021 tadi pagi. ”Kami memilih hari Jumat, karena hari tersebut adalah hari baik dan kami ke ACT menyerahkan bantuan korban erupsi Semeru berupa nominal,”ujarnya.

Brosur pendaftraran mahasiswa baru, masa 2022. 1 (Foto:SN/dok-dar)

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga tak lupa menawarkan kepada para personel relawan ACT untuk kuliah, karena hal tersebut bisa dilakukan di sela-sela kesempatan dan waktu luang. Dengan demikian, selain mereka sebagai relawan dalam penanganan bencana, tapi tetap tidak mengabaikan kemampuan di bidang akademik.

Selesai berkunjung ke ACT,  maka dalam kesempatan di hari baik ini dimanfaatkan pula untuk berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Hikam Puri, Pati. Yakni, untuk menjenguk mahasiswa UT yang mondok di pondok yatim, dan dhuafa tersebut.

Kepada sejumlah mahasiswa itu pihaknya berpesan, agar mahasiswa jangan patah semangat tapi terus berupaya untuk bisa kuliah secara maksimal. ”Karena, barang siapa dalam perjalanan mencari ilmu akan dimudahkan menuju surga, dan kami sendiri juga mendapat wejangan dari pengasuh pondok, Bapak Abdul Munib LC MPd,”imbuhnya.