Sentra Layanan UT Cempaka Pati Ikut Ambil Bagian Penanaman 1.000 Batang Pohon Trembesi

0
96
Sebelum ikut ambil bagian penanaman 1.000 batang pohon trembesi di kawasan tepi Waduk Seloromo Desa/Kecamatan Gembong bersama sejumlah mahasiswa universitas terbuka (UT), Kamis (25/November) hari ini,  Ketua Salut Cempaka Pati, Daryati SPd MPd (3 dari kiri) sempat melakukan pendampingan kepada para guru SDN Gembong 02.(Foto:SN/dok-dar)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kuatnya komitmen untuk membuat Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) Cempaka Pati dikenal masyarakat, maka Ketua SALUT Cempaka yang bersangkutan, Daryati SPd MPd ,bersama beberapa mahasiswa pun berupaya tampil memasyarakat. Yakni, ikut serta ambil bagian dalam  penanaman 1.000 batang pohon trembesi di kawasan tepian Waduk Seloromo, di Desa/Kecamatan Gembang.

Kegiatan dalam rangkaian Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tersebut, Kamis (25/November) hari ini diselenggarakan Karang Taruna Aneka Bakti Desa/Kecamatan Gembong. Dengan demikian, Ketua Umum Karang Taruna Kabupaten Pati yang juga Wakil Bupati Saiful Arifin juga hadir dalam kesempatan ini.

Akan tetapi sebelum ke lokasi penanaman pohon tersebut, papar Ketua SALUT Cempaka Pati, Daryati SPd MPd, terlebih dahulu menyempatkan berkunjung ke SDN Gembong 02, sehingga harus sudah meninggalkan rumah pagi-pagi, sekitar pukul 06.30. Di tempat ini, ia melakukan pendampingan kepada para guru sasaran ormas Bakti Acara Pertiwi (BAP) dalam pelatihan daring.

Sebab, selain sebagai pengawas ia pun mendapat tugas dari Kemendikbud sebagai pendamping lapangan program organisasi penggerak (POP). ”Sedangkan POP sendiri adalah program pemberdayaan masyarakat secara masif melalui dukungan pemerintah, untuk meningkatkan kualitas guru dan kepala sekolah berdasarkan model-model pelatihan yang sudah terbukti efektif,”ujarnya.

Ketua SALUT Cempaka Pati, Daryati SPd MPd didampingi mahasiswa/i UT saat menanam pohon trembesi di lokasi penanaman.(Foto:SN/dok-dar)

Apalagi, lanjutnya, dalam upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa, karena implementasi program ini melibatkan organisasi masyarakat. Organisasi tersebut juga memiliki praktik, baik dalam pelaksanaan program, peningkatan kompetensi pendidikan, dan tenaga kependidikan di bidang literasi, numerasi, dan penguatan pendidikan.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengajak guru di SD itu untuk membuka ”Learning Management Sistem” (LMS), yakni semacam kelas tapi online Bakti Acara Pertiwi (BAP). Untuk yang ini adalah sebuah yayasan/organisasi masyarakat yang lolos seleksi POP.

Ketua SALUT Cempaka Pati, Daryati SPd MPd (tengah) berfoto bersama mahasiswa dan mahasiswi UT usai melakukan penanaman pohon trembesi.(Foto:SN/dok-dar)

Selesai dari SDN Gembong 02, kemudian berganti pakaian barulah memenuhi undangan Karang Taruna Aneka Bakti,  menuju ke lokasi penanaman untuk bergabung dengan kelompok lainnya. Bertepatan dengan beberapa kegiatan yang dilakukan, waktunya bersamaan juga dengan Peringatan Hari Guru Nasional (HGN).

Di sela-sela kesempatan tersebut, masih sempat menyaksikan upacara HGN itu secara virtual yang diselenggarakan Kemendikbud. ”Karena itu, saat berada di SDN Gembong 02 kami mengucapkan juga Selamat Haru Guru Nasional kepada kepala sekolah dan guru di SD itu, serta menyanyikan himne Guru bersama-sama,”imbuhnya.