Rekanan PL Paket Pekerjaan Bendung Koripan yang Ditinggal ”Lari” Rekanan Sebelumnya Mulai Persiapan

0
102
Kondisi Bendung Koripan, di Desa Koripandriyo, Kecamatan Gabus, Pati yang pernah dibiarkan rekanan pemenang tender sebelumnya (atas) dan penggalian depan pintu intek sebagai persiapan pekerjaan oleh rekanan pengganti yang ditunjuk langsung (bawah).(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Rekanan pengganti hasil penunjukan langsung (PL) untuk paket pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi D.I Koripan, di Desa Koripandriyo, Kecamatan Gabus, Pati mulai melakukan persiapan. Selain pengedropan material juga penggalian lubang pada bagian depan pintu intek bendung di pinggir jalan antara Desa Koripandriyo – Babalan, kecamatan setempat.

Dengan demikian, sangat disayangkan jika rekanan pemenang tender sebelumnya untuk paket pekerjaan itu ”lari” dari tanggungjawabnya, meskipun lokasi paket pekerjaan tersebut bukan berada di tempat sulit. Sehingga diduga keras, rekanan yang bersangkutan menghadapi kesulitan nonteknis, sehingga saat melaksanakan pekerjaan sebelum ditinggalkan hanyalah dua kolom (tiang) cor beton untuk rumah intek.

Saat pelaksana lapangan rekanan PL ditanya berkait hal itu di lokasi proyek itu, Gendut menyatakan tidak tahu menahu, karena datang lokasi baru Kamis (11/November) 2021 lalu. ”Hal tersebut berkait dengan persiapan pelaksanaan pekerjaan PL, yaitu melakukan penggalian depan pintu intek di hilir maupun di hulu bendung,”ujarnya.

Penggalian lubang depan pintu intek hulu bendung sudah dilakukan sebagai persiapan dimulainya pelaksanaan paket pekerjaan yang ditinggal ”lari” oleh rekenanan pemenang tender sebelumnya.(Foto:SN/aed)

Untuk penyediaan material, lanjutnya, Jumat (12/November) kemarin juga sudah dikirim ke lokasi, tapi pelaksanaan pekerjaan baru dimulai Senin (15/November) pekan depan.Masing-masing meliputi penataan saluran pada intek hulu dan hilir jembatan sepanjang 5 meter yang diperkuat dengan dinding pasangan batu, dan bagian atasnya ditutup dengan plat beton ketebalan 20 cm.

Selebihnya, melanjutkan pembuatan rumah pintu intek yang sudah ada dua tiang (kolom) juga dari beton, dan rumah tersebut disertai atap emper dari material sama. Sedangkan pekerjaan lainnya seperti penataan sayap hulu maupun hilir bendung tidak ada, barang kali pertimbangannya soal waktu yang sudah terlalu pendek.

Dengan demikian, untuk pelaksanaan pekerjaan tersebut selengkapnya ada saluran depan pintu intek hulu dan hilir bendung, lengkap dengan penutupnya. ”Selain itu pembuatan rumah pintu intek sisi kanan bendung, sehingga semuanya kami perkirakan dalam waktu satu bulan sudah bisa diselesaikan,”tandasnya.