Pelaku UMKM di Pati Diberi Pelatihan Kewirausahaan

0
18
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkopumkm) Kabupaten Pati, Wahyu Setyawati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Beberapa hari ini Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkopumkm) Kabupaten Pati menyelenggarakan pelatihan Kewirausahaan bagi pelaku UMKM di Pati. Pelatihan ini diprioritaskan bagi pelaku UMKM yang notabenenya masih baru.

Kepala Dinkopumkm, Wahyu Setyawati mengungkapkan pelaku UMKM yang baru terdaftar katakanlah di Desa Karangawen, Kecamatan Tambakromo yang cukup banyak pelaku UMKM.

“Pelatihan untuk UMKM, khususnya bagi yang baru terdaftar misalnya itu di Desa Karangawen, Tambakromo. Kita sempat ke sana melihat produknya dan membantu mereka mengurus NIBnya secara gratis,” ujar Wahyu, Rabu (3/11/2021).

Ia mengakui jumlah pelaku UMKM baru terdata di Dinkopumkm se-Kabupaten Pati sangat banyak. Di Desa Karangawen yakni hanya sebagian. Adapun pelaku UMKM Desa Karangawen yang terdata sebanyak 17 orang, serta yang diikutkan pelatihan 4 orang.

Pelatihan ini menurutnya sangat penting bagi mereka, sebab hal ini kaitannya dengan pengetahuan serta pemahaman dalam menjalankan usaha mikro.

“Bagaimana kaitannya untuk memanage usaha, motivasi untuk bertahan dalam segala kondisi. Karena yang namanya usaha mikro itu naik turun, umpamanya tidak laku produknya,” jelasnya.

“Kemudian, bagaimana memanage keuangan, terkadang modalnya campur antara modal usaha dengan uang pribadi. Kadang tidak ngerti keuntungan karena tercampur,” Wahyu menambahkan.

Pelatihan Kewirausahaan oleh Dinkopumkm diikuti 50 peserta yang dilaksanakan selama tiga hari mulai, tanggal 27 s/d 29 Oktober 2021 di Hotel New Merdeka.