Meski Vaksinasi Covid-19 di atas 50 Persen, PPKM di Pati Tetap di Level 3

0
23
Ilustrasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19

SAMIN-NEWS.com, PATI – Meski capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pati sudah di atas 50 persen, namun pada faktanya pemerintah Kabupaten Pati masih di level 3 pada penerapan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Pati untuk persentase capaian vaksinasi di Kabupaten Pati sendiri saat ini sudah mencapai 50,22 persen. Bisa tercapai lantaran pemahaman dan kemauan masyarakat untuk vaksin yang tinggi.

Tetapi, Kepala Dinkes, Aviani Tritanti Venusia, mengungkapkan meski telah mencapai sasaran vaksinasi sejumlah itu belum bisa menurunkan level PPKM di Kabupaten Pati, yaitu masih berada di level 3.

Sebab, katanya untuk menurunkan PPKM ke level 2, maka harus memenuhi syarat. Di antaranya termasuk mencapai sasaran vaksinasi Covid-19 bagi kelompok lansia. Di mana, saat ini belum mencapai target yang ditentukan.

“Terdapat beberapa faktor dan indikator untuk bisa turun level PPKM menjadi level 2, diantaranya adalah capaian vaksinasi pada lansia harus mencapai target yaitu dengan persentase lebih dari 40 persen yang saat ini baru 33,47 persen,” jelasnya.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap khususnya lansia agar mau mengikuti vaksinasi Covid-19 di lingkungan terdekat, baik itu di puskesmas atau pun saat kegiatan pelaksanaan vaksinasi massal.

Dengan percepatan capaian penyuntikan vaksinasi Covid-19 ini, maka PPKM juga akan turun. Tak hanya itu, dengan penurunan ini juga dimungkinkan ada pelonggaran-pelonggaran aktivitas lainnya, seperti pembukaan pariwisata.