Tingkatkan Kemampuan Literasi Santri, MTs Al Fattah Gelar Pelatihan Jurnalistik

0
73
MTs Al Fattah Juwana menggelar pelatihan jurnalistik

SAMIN-NEWS.com, PATI – MTs Al Fattah Juwana menggelar pelatihan jurnalistik pada santrinya. Pelatihan jurnalistik ini berlangsung selama dua hari yang dimulai hari ini, Senin s/d Selasa (4-5 September). Kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi para santri.

Para peserta pelatihan jurnalistik ini diberikan materi seputar dasar-dasar jurnalistik, teknik menulis hingga jenis karya tulis. Setelah pelatihan, peserta diberi kesempatan mempraktikkan dari materi yang disampaikan.

Kepala MTs Al Fattah, Irham Shodiq, mengatakan dengan pengetahuan jurnalistik, para peserta mampu berpikir secara kreatif, mampu menyerap bahan bacaan yang menyeluruh dan meningkatkan pemikiran kritis.

“Mempunyai kemampuan berfikir kreatif, holistik, kritis, obyektif, percaya diri dan peka terhadap perubahan sosial di masyarakat,” ungkap Irham yang juga sebagai salah satu pengasuh Pondok Pesantren Al Fattah.

Dengan pengetahuan jurnalistik yang baik diharapkan mampu menggunakan sosial media secara bijak. Menyebarkan informasi yang tidak menyulut fitnah dan merugikan m

“para santri agar mampu menguasai media untuk selalu menebar ajaran agama Islam yang Rahmatan Lil Alamiin,” harapnya.

Sementara itu Direktur Lembaga Pers dan Jurnalistik PC IPNU Pati, Abdul Ghofur mengungkapkan, pelatihan ini sebagai bentuk komitmen dalam rangka mengawal literasi di Kabupaten Pati, khususnya bagi pelajar NU.

“Melalui pelatihan-pelatihan sejak dini semoga ke depannya menjadi sesuatu hal  bermanfaat bagi perkembangan literasi di Pati,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia kegiatan ini terselenggara atas kerjasama MTs Al Fattah dengan Lembaga Pers dan Jurnalistik PC IPNU IPPNU Kabupaten Pati. Narasumber dalam pelatihan ini adalah salah satu Redaktur Koran Lingkar Jateng, Miftahus Salam.