Peringati Sumpah Pemuda; Karang Taruna Tunjungrejo Tanam Pohon Serentak

0
109
Poster kegiatan penanaman pohon serentak Karang Taruna Wira Rahagi Desa Tunjungrejo, Kecamatan Margoyoso, Sabtu (30 Oktober) besok.(Foto:SN/dok-nang)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Mengambil momentum peringatan 93 Tahun Sumpah Pemuda, Karang Taruna Wira Rahagi Desa Tunjungrejo, Kecamatan Margoyoso, Pati, Sabtu (30/Oktober) 2021 besok akan menanam pohon serentak bersama masyarakat. Sedikitnya 3.000 bibit beberapa jenis pohon ditanam dalam kegiatan tersebut, di antaranya di jalan menuju areal persawahan dan juga di tanggul alur Kali Warung desa setempat.

Hal tersebut, papar Ketua Karang Taruna desa yang bersangkutan, Nanang, apa yang dilakukan bersama masyarakat ini adalah salah satu bentuk dalam upaya mengajak peran serta masyarakat, tentunya. Yakni, untuk melestarikan lingkungan desanya yang terletak di kawasan pantai ini demi masa yang akan datang, maka masyarakat harus dilibatkan sebagai bentuk dan rasa tanggung jawabnya.

Karena itu, pihaknya juga mengajak serta Forum Komunikasi Pemimpin Kecamatan  (Forkopimcam) Margoyoso beserta jajarannya. ”Dalam kesempatan ini, kami juga mengharap hadirnya Ketua Umum Karang Taruna Kabupaten Pati, Bapak H Saiful Arifin (Safin) yang juga Wakil Bupati Pati,”ujar Nanang.

Tak ketinggalan, lanjut dia, pihaknya juga mengajak serta kalangan lembaga pendidikan, lembaga agama IPPNU, IPNU, Ansor, Banser, dan kelompok petani tambak. Khusus yang disebut terakhir, memang merupakan salah satu potensi di desanya, sehingga kawasan lingkungan di areal tambak ini perlu tetap dijaga kelestariannya.

Sedangkan ancaman yang berlangsung selama ini, yaitu bila hujan deras di kawasan hulu Lereng Muria adalah terjadinya banjir membawa lumpur, sehingga terjadinya pendangkalan alur kali pun tak bisa dihindari. Demikian pula, terjadinya limpasan gelontoran air dari hulu juga sering mengancam areal tambak milik para petani.

Berkait dengan bibit pohon yang ditanam serentak selain trembesi juga ada tabebuya, ketapang kencana, flamboyan, sengon dan tanaman pioner mahoni, dan bagi yang terlibat langsung dalam penanaman ini bisa mengambil bibit pohon buah cuma-cuma. ”Jenisnya ada petai, rambutan, jambu biji dan sirsat,”imbuhnya.