Lagi Paket Pekerjaan Jaringan Irigasi dengan Bantuan Dana ”Loan” Tidak Berpapan Nama

0
68
Proyek jaringan irigasi Bendung Ngawen, di Desa Ngawen, Kecamatan Margorejo, Pati. Rabu (20/Oktober) 2021 hari ini, selain hanya ada satu alat berat ekskavator juga dua pekerja pemecah batu untuk pasangan dinding saluran.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Bidang (Kabud) Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, H Darno, sudah meminta para rekanan paket pekerjaan baik perbaikan bendung maupun jaringan irigasi harus memasang papan nama proyek yang dikerjakan. Ternyata, di lapangan masih ditemukan rekanan pemenang tender paket pekerjaan yang sumber dananya dari bantuan Bank Dunia (World Bank)/Loan masih juga mengabaikan.

Sebelumnya rekanan yang mengerjakan paket pekerjaan perbaikan bendung dan jaringan irigasi Bertek, Desa Dadirejo juga di Kecamatan Margorejo yang semula saat pelaksanaan pekerjaan berlangsung belum juga terpasang papan proyek, akhirnya hal itu sudah dituntaskan. Ternyata, ditemukan lagi ada paket pekerjaan yang sumber dananya sama, dan besar kemungkinan adalah perbaikan jaringan irgasi Bendung Ngawen juga tak jauh berbeda.

Bahkan yang melaksanakan pekerjaan di lokasi itu hanyalah sebuah alat berat jenis ekskavator dan dua pekerja pemecah batu untuk pasangan dinding saluran yang akan diperbaiki itu. Ketika pekerja yang bersangkutan di mana yang lainnya, diperoleh penjelasan masih berada di lokasi pekerjaan jaringan irigasi yang lain yang masih dalam tahap penyelesaian sehingga belum sampai di lokasi ini.

Di antaranya, adalah jaringan irigasi di Bendung Cabean, di wilayah Kecamatan Winong, dan ada juga yang tengah memasang gorong-gorong di ruas jalan sekitar Bendung Sonorejo, Kecamatan Jakenan. Jika nanti pekerjaan di beberapa lokasi itu sudah selesai pasti akan ada yang pindah ke lokasi ini, karena panjang jaringan irigasi yang diperbaiki sekitar 600 meter.

Sedangkan untuk pasangan batu pada dinding jaringan irigasi tersebut, adalah sisi kiri dan kanan sehingga panjang seluruhnya mencapai 1.200 meter. Karena itu material yang sudah dipersiapkan di lokasi saat ini adalah batu belah, berikutnya nanti akan segera dikirim material lainnya berupa pasir jika nanti akan memulai pasang.

Berkait dengan papan proyek, pekerja yang bersangkutan juga menyatakan bahwa pembuatannnya sampai saat ini belum jadi. ”Jika nanti sudah jadi, pasti papan proyek itu akan segera dipasang di lokasi ini,”tandas salah seorang di antara mereka, Sukardi.