Ketua FORKI Jateng ; Jepara Berpeluang Jadi Pilot Proyek Karate Jawa Tengah

0
38
Penyerahan berita acara pelantikan dari Ketua Umum FORKI Jateng Bambang Raya (kanan) kepada Ketua Umum FORKI Kabupaten Jepara Haizul Ma'arif, seusai pelantikan di Pendapa Kabupaten Jepara, Sabtu (23/Oktober) 2021 kemarin.(Foto:SN/dok-di)

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Jepara punya peluang menjadi pilot proyek pengembangan karate di Jawa Tengah. Potensinya besar, didukung pengurus solid, dukungan pemerintah, serta pembinaan dan prestasi yang bagus selama ini.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Pengurus Provinsi Federasi Olah Raga Karate-Do Indonesia (FORKI) Jawa Tengah, Bambang Raya Saputra saat melantik Pengurus Cabang FORKI Kabupaten Jepara Masa Bakti 2021-2025. Pelantikan tersebut berlangsung di Pendapa RA Kartini, Sabtu (23/Oktober) 2021, kemarin.

Pelantikan juga disaksikan Sekda Jepara, Edy Sujatmiko mewakili Bupati Dian K, Forkopimda, Ketua KONI Jepara Samsul Anwar dan sejumlah pengurus FORKI Jawa Tengah. Dalam kesempatan itu hadir pula dua atlet PON Papua, Fahrizal Wahyu Andika dan Hera Irnada, dan untuk Fahrizal adalah atlet peraih medali perunggu dari cabang olahraga karate.

Dalam  pelantikan pengurus baru yang diketuai Haizul Ma’arif  ditandai dengan penyerahan panji-panji FORKI dari Bambang Raya Saputra kepada ketua baru. Selain itu juga dilakukan penandatanganan berita acara pelantikan oleh keduanya.

Sedangkan Haizul Ma’arif dalam kesempatan tersebut juga menyerahkan penghargaan kepada dua orang atlet karate Jepara yang berprestasi, Fahrizal dan Hera. Seusai dilantik Haizul Ma’arif yang juga Ketua DPRD Jepara mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya bersama pengurus yang lain.

Prestasi para atlet baik di tingkat provinsi maupun nasional, lanjutnya, menjadi motivasi pengurus untuk memajukan olahraga karate di Jepara. Karena itu, pengurus cabang akan segera melakukan revitalisasi organisasi serta pembinaan prestasi atlet dan pelatih secara berkelanjutan. ”Harapannya Jepara dapat menjadi gudangnya atlet karate di Jawa Tengah,”tandasnya.

Keinginan agar karate dapat berkembang dan terus berpresrasi  juga muncul dari Ketua KONI Kabupaten Jepara, Samsul Anwar. ”Jepara saat ini terdapat 45 cabang olahraga, dan salah yang berpotensi dikembangkan adalah karate,”ujarnya.

Sementara itu Bupati Jepara Dian Kristiandi dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Edy Sujatmiko mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada saudara Junarso bersama pengurus atas kontribusinya selama empat tahun terakhir memimpin FORKI Kabupaten Jepara. Sehingga banyak torehan prestasi yang dicatatkan oleh atlet-atlet Jepara di cabang olahraga karate.

Berikutnya, kepada saudara Haizul Ma’arif beserta seluruh Pengurus Cabang FORKI Kabupaten Jepara  masa bakti 2021-2025 juga diucapkan selamat. ”Harapan kami segenap pengurus dapat melaksanakan amanat yang telah dipercayakan dengan penuh kesungguhan, keikhlasan dan tanggungjawab dalam mengangkat pretasi olahraga karatte di Kabupaten Jepara.”

Di sisi lain, dalam kesempatan tersebut Edy Sujatmiko juga menyampaikan apresiasi kepada Pengurus Cabang FORKI Kabupaten Jepara,  serta para atlet karate yang yang telah berhasil mengukir prestasi yang diperoleh dalam PON XX di Papua. Suatu kebanggaan ketika satu di antara dua atlet karateka Jepara yang tergabung dalam kontingen karate Jawa Tengah, berhasil mempersembahkan medali perunggu.

Selebihnya, dalam ajang Kejuaraan Nasional Karate antar Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP), Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLD) dan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Tahun 2021 di Bandar Lampung , Agustus lalu, tim PPLD Jepara berhasil meraih juara umum kedua. Yakni dengan memperoleh 6 medali, di antaranya 4 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu.

Presatasi tersebut menjadi bukti bahwa pembinaan cabang olahraga karate di Jepara berjalan cukup baik, dan bahkan di tengah pandemi atlet-atlet kita masih berprestasi. ”Raihan-raihan prestasi ini, menjadi bukti bahwa Jepara adalah barometer olahraga karate di Jawa Tengah,”imbuhnya.(di)