Dua Rumah Bersambung di Bajomulyo Musnah Terbakar

0
86
Kobaran api saat membakar bangunan rumah ”bersambung” milik warga Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Pati.(Foto:SN/dok-giek)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kebakaran  terjadi Kamis (7/Oktober) 2021 tadi siang sekitar pukul 13.45, di Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Pati, sehingga rumah ”bersambung” dari material kayu milik warga setempat, Ny Asih Sumiyati, musnah dilalap si jago merah. Di sisi lain, pemilik rumah yang bersangkutan terindikasi mengalami gangguan jiwa, tapi dalam musibah tersebut tidak ada korban jiwa.

Kepala Satpol PP Kabupaten Pati, Sugiyono AP MSi, ketika ditanya berkait hal tersebut membenarkan, tapi faktor penyebab terjadinya kebakaran masih dalam penyelidikan. Sedangkan kerugian material dua rumah ”bersambung” berukuran kurang lebih 15  X 30 meter dari kayu dan beratap genteng pres itu kurang lebih mencapai Rp 500 juta.

Saat kebakaran berlangsung, jajaran Forkopimcam Kecamatan Juwana berada di lokasi, dan selebihnya hadir pula Kepala Desa Bajomulyo beserta perangkatnya, regu pemadam kebakaran (Damkar) Pemkab Pati, warga sekitar, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas. ”Kesimpulan sementara, terjadinya kebakaran didahului dengan munculnya asap dan api dari rumah yang terbakar,”ujarnya.

Saat regu damkar bersama warga sekitar bahu membahu berupaya memadamkan api sampai api benar-benar padam dan menunggu pendinginan.(Foto:SN/dok-giek)

Bahkan, lanjutnya, kepulan asap dan kobaran api tersebut terlihat dari kantor kecamatan sehingga mobil pemadam yang memang siap di halaman kantor kecamatan langsung tanggap darurat menuju ke lokasi kebakaran, di wilayah RT 3/3 Desa Bajomulyo. Sementara itu pihak PLN juga langsung bertindak cepat, yaitu memutus aliran listrik.

Selain satu mobil damkar yang bergerak ke lokasi lebih dahulu, berikutnya juga disusul empat damkar dari Satpol PP, ditambah empat tanki pemadam dari pabrik es (PE) Nelayan, Tunggal Karya, dan Krisna. Selebihnya ikut serta dalam memadamkan kobaran api yang membakar habis dua rumah ”bersambung” itu adalah satu truk tanki dari PMI Kabupaten Pati.

Akhirnya kobaran api yang tidak sampai merambat ke rumah warga sekitar lokasi kejadian berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.45 WIB. ”Kami berterima kasih kepada warga yang berupaya keras bahu membahu dengan tim damkar, dan semua yang ikut serta membantu memadamkan api saat peristiwa kebakaran itu terjadi,”imbuhnya.