Tiang dan Kuda-kuda Los Pasar Kayen Terpasang

0
34
Deretan tiang penyangga kuda-kuda (kap) baja untuk peletakan kerangka atap los Pasar Kayen, Selasa (28/September) 2021 hari ini mulai terpasang.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Jika dihitung progres pelaksanaan pekerjaan pembangunan penambahan fasilitas Pasar Kayen, berupa sepuluh unit kios dan los berdasarkan hari kalender yang sudah dimanfaatkan, benar-benar maksimal. Sebab, sampai Selasa (28/September) hari ini, sebagian tiang baja konstruk los tersebut sudah berdiri terpasang.

Tidak hanya itu, papar salah seorang pengawas lapangan dari Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, Widyo menegaskan, bahwa sampai hari terakhir kalender sesuai kontrak, Desember mendatang paket pekerjaan tersebut tidak akan sampai mengalami keterlambatan. Dengan kata lain, paket pekerjaan yang sumber dananya dari APBN tersebut awal 2022 sudah bisa dilakukan pembagian petak los, untuk para pedagang penggunanya.

Di sisi lain, untuk pelaksanaan pekerjaan rekanan pemenang tender tersebut, benar-benar bertanggung jawab atas pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. ”Untuk pekerjaan kerangka baja, misalnya, pabrikasinya justru dikerjakan para ahli konstruksi tersebut di lokasi pekerjaan, sehingga sampai lubang untuk baut, semua tepat atau tidak ada yang meleset,”ujarnya.

Dua pekerja tengah memasang kerangka kuda-kuda (kap) konstruksi baja dari dua sudut, kiri dan kanan tiang los Pasar Kayen.(Foto:SN/aed)

Berkait dengan pemasang kerangka kuda-kuda tersebut, lanjutnya, untuk bentang los antara yang utara dan selatan memang terjadi perbedaan ukuran. Untuk sisi seletan, bentang kuda-kuda tersebut adalah 12 meter, dan pada bagian tersebut nanti harus dipasang empat buah kuda-kuda. di mana untuk tiang di kedua sisi barat maupun timur semuanya sudah terpasang.

Untuk pelaksanaan pekerjaan itu, semua dilakukan dengan ”crane” sehingga yang bekerja melaksanakannya juga tidak menghadapi banyak kesulitan. Jika pekerjaan pemasangan empat kerangka kuda-kuda bisa dituntaskan hari ini, atau bahkan bila perlu ditambah maka semuanya akan berlangsung maksimal.

Sebab, untuk kerangka kuda-kuda dengan bentang ukuran yang kecil yaitu hanya panjang lima meter lebih sedikit, semuanya ada 9 buah. ”Sebanyak 8 tiang untuk sisi kiri dan kanan sudah siap berdiri, dan 10 berikutnya atau yang untuk lima kuda-kuda bisa segera menyusul, atau minimal besok pagi,”imbuh Widyo.