Perlu Ditetapkan Profil Jalan Kaliampo – Sokobubuk

Kepala Seksi (Kasie) Jalan Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Hasto Utomo (atas) dan ruas jalan Kaliampo, Desa Wangunrejo, Kecamatan Margorejo ke Desa Sokobubuk. kecamatan setempat (bawah).

SAMIN-NEWS.com, PATI – Munculnya keinginan warga Kaliampo, Desa Wangunrejo, Kecamatan Margorejo agar akses ruas jalan tembus menuju Desa Sokobubuk, kecamatan setempat diagendakan kembali direncanakan, memang agenda itu sudah dibuka kembali. Maksudnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, memang harus kembali mengagendakan hal itu sehingga tahun mendatang (2022) diawali pelakasanaannya.

Sedangkan sisa waktu menjelang berakhirnya Tahun 2021 yang masih lebih dari tiga bulan, langkah awal yang harus dilakukan oleh jajaran pihak yang berkompeten adalah melakukan survei lokasi. Sebab, untuk keperluan tersebut membutuhkan waktu tidak cukup hanya satu atau dua hari, mengingat panjang ruas jalan sesuai data awal adalah mencapai 5 kilometer lebih.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Seksi (Kasie) Jalan Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Hasto Utomo, bahwa survei lokasi memang harus segera dilaksanakan agar jangan sampai keburu hujan. ”Lokasi ruas jalan di tengah kawasan perbukitan Lereng Patiayam tersebut bila hujan kondisinya memang licin,” ujarnya.

Lagi pula, lanjut Hasto Utomo, untuk survei lokasi juga tidak bisa menggunakan kendaraan roda empat tapi minimal sepeda motor, tapi itu pun yang jenis trail mengingat kondisi medan yang kadang-kadang menurun dan menanjak tajam. Dengan demikian, untuk melaksanakan hal tersebut memang harus mencari waktu yang tepat, utamanya tidak selesai atau bersamaan dengan turunnya hujan.

Karena itu, sebisa mungkin dilaksanakan secapatnya dan juga membutuhkan waktu maksimal mengingat dalam melaksanakan survei adalah menentukan profil jalan. Sehingga pada titik-titik lokasi mana yang harus ditetapkan ruas jalan itu jika menikung tikungannya harus dibuat panjang berapa, dan jika bagian awal adalah tikungan menanjak maka untuk bagian yang menurun kemudian datar harus dibuat panjang berapa.

Bagi tim survei, kondisi seperti itu yang membutuhkan perhatian maksimal karena ini adalah sama saja rencana jalan baru, tapi lokasinya di atas perbukitan Lereng Patiayam. ”Tentang kapan pelaksanaan survei untuk menentukan profil ruas jalan tersebut akan secepatnya kami kondisikan, paling tidak sebelum turun hujan sudah bisa dituntaskan,” tandasnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Polres Pati Berikan Fasilitas Khusus Bagi Penyandang Disabilitas Saat Mengurus SIM
Next post E-Koran Samin News Edisi 10 September 2021
Social profiles