Pemdes bersama Sejumlah Pihak Gotong Royong Bersih Pantai Pangkalan

0
22

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kebersihan kawasan Pantai Pangkalan, Kecamatan Margoyoso, Pati terus menjadi perhatian seluruh pihak pemerhati lingkungan, terutama pemerintah desa setempat. Kawasan pesisir pantai ini merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya penduduk lokal, melainkan kita semua.

Baru-baru ini kawasan Pantai Pangkalan oleh Pemdes bersama sejumlah instansi mengadakan bersih-bersih pantai secara gotong royong. Pihak yang terlibat gotong royong bersih pantai ini mulai dari Kodim 0718/Pati, Koramil Margoyoso, Pemdes Pangkalan hingga lembaga desa.

Satu diantara perangkat Desa Pangkalan, Ngarno mengatakan kegiatan bersih pantai ini dilaksanakan hari Jumat (10/9). Kegiatan gotong royong bersih Pantai Pangkalan mengusung tema “Karya Bhakti” di sepanjang pantai Pangkalan.

“Kegiatan gotong royong bersih Pantai Pangkalan ini sedikitnya diikuti 40 orang, dari pihak Kodim, Koramil, Pemdes serta masyarakat sekitar,” ujar Ngarno.

Menurut Ngarno, pada dasarnya pantai adalah milik kita bersama. Oleh sebab itu, kepedulian dan kesadaran kepada pantai harus dimiliki bersama. Misalnya dengan menjaga kebersihan pantai dari sampah di sekelilingnya.

Tidak hanya itu saja, kebersihan memang sudah keharusan. Namun yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana menjaga ekosistem pantai tidak rusak, misalnya mengantisipasi abrasi pantai dengan menanam mangrove.

Sebab dengan seimbangnya ekosistem ini akan memberikan penghidupan bagi umat manusia. Secara lebih luas hal ini akan menopang aktivitas kehidupan yang mana dimanfaatkan dengan baik serta seimbang mampu mendatangkan perekonomian wisata.

“Semoga dengan kegiatan gotong royong bersih pantai ini keberlangsungan ekosistem laut dapat terus terjaga,” pungkasnya.