Ketua Orari Lokal Pati: Eksistensi Komunikasi Radio Saat Ini Kalah Pamor

0
9
Salah satu rangkaian peringatan HUT Orari Lokal Pati ke-37 dengan pembagian paket sembako bagi masyarakat.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Orari Lokal Pati, Ali Parsudi (YB2EEZ) menyatakan keberadaan atau eksistensi alat komunikasi jaringan radio telah kalah saing dengan kecepatan pembangunan industri teknologi. Cepatnya arus teknologi informasi sekarang ini semakin memanjakan umat manusia.

“Eksistensi radio sekarang ini memang kalah pamor, sekarang turun sejak berkembang pesatnya teknologi informasi,” ujarnya dalam peringatan ulang tahun Orari Lokal Pati ke-37, Kamis (9/9/2021).

Teknologi informasi yang semakin canggih, kata Ali memiliki kontribusi komunikasi bisa dilakukan secara cepat.

Kendati demikian, jika berbicara diantara keduanya  hal ini tentunya tidak cukup memadai jika kita bandingkan. Sebab, masing-masing mempunyai kelebihannya di waktu urgent.

“Namun jaringan radio ini akan selalu berguna, utamanya adalah pada saat terjadi bencana alam. Misalnya pada waktu itu terjadi tsunami Aceh tahun 2004 silam,” jelasnya.

Saat itu, lanjutnya alat komunikasi yang bisa dipakai hanya jaringan radio. Sebab, alat yang lain terputus, jaringan listrik juga demikian, mati semuanya.

Kemudian, Gunung Merapi meletus itu juga demikian yang bisa digunakan yaitu jaringan radio. Kami dari temen-temen Orari Lokal Pati berangkat ke sana (Yogyakarta) lima mobil, ikut evakuasi terjun di lapangan.