Bantu Capai Kekebalan Komunal, Lapas Kelas IIB Pati Gelar Vaksinasi Massal

0
15
Saat berlangsungnya vaksinasi massal di Lapas kelas IIB Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pati bekerjasama dengan Polres Pati melaksanakan vaksinasi Covid-19 secara massal. Sasaran vaksinasi Covid-19 ini untuk para narapidana serta bagi masyarakat umum.

Vaksinasi Covid-19 massal dimulai pukul 08.00 s/d 11.00 wib, di Lapas kelas IIB Pati, Jumat (3/9/2021). Vaksinasi Covid-19 kali ini merupakan pemberian dosis kedua bagi napi. Setelah sebelumnya mereka telah mengikuti dosis yang pertama.

“Sebanyak 190 napi dan 10 tahanan, jadi 200-an warga binaan dari lapas,” ujar Kasi Binadik dan Giatja Lapas Kelas IIB Pati Topan Ahmad disela acara vaksinasi.

Saat berlangsungnya vaksinasi massal di Lapas kelas IIB Pati.

Menurutnya, vaksinasi massal ini guna mendukung program pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19, terlebih bagi narapidana dan tahanan di dalam Lapas Kelas IIB Pati.

Sementara itu, pihaknya tak mengetahui secara pasti jumlah masyarakat yang ikut vaksinasi. Karena sifatnya fleksibel, jika peserta kosong maka nantinya segera ditutup. Namun berdasarkan data yang diterimanya, lebih dari ratusan masyarakat yang ikut vaksin.

Ia merinci vaksinasi bagi masyarakat, diikuti mereka yang belum mendapatkan vaksin atau kali pertama. Namun, ada beberapa orang mengikuti vaksinasi kedua. Sementara bagi napi, kali ini memang pemberian dosis kedua.

“Untuk napi ini sudah pemberian dosis kedua, sama seperti sebelumnya menggunakan Sinovac. Sedangkan bagi masyarakat umum, vaksin untuk dosis pertama ada juga yang sudah kedua,” pungkas Topan.