Update Penyaluran Dana Desa Non BLT Tahap II KPPN Pati

0
18
Tampak depan kantor KPPN dan pegawai setempat tengah berfoto bersama.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Wilayah Pati mencatat penyaluran Dana Desa (DD) Non BLT tahap I seluruh desa telah menerima anggaran yang ditetapkan di masing-masing Rekening Kas Desa.

Marno selaku Kepala KPPN wilayah Pati menjelaskan penyaluran DD Non BLT Tahap II masih ada beberapa desa yang belum mengajukan ke Pemda. Untuk Kabupaten Pati dari 401 desa telah disalurkan sebanyak 352 desa dengan total penyaluran sebesar Rp 89.942.120.000,.

Untuk Kabupaten Rembang dari 287 desa telah disalurkan Dana Desa Non BLT Tahap II sebanyak 234 desa dengan total penyaluran sebesar Rp 50.276.674.400,.

“Di Kabupaten Pati yang belum mengajukan sebanyak 49 desa. Sedangkan di Rembang yang belum mengajukan sebanyak 53 desa,” kata Marno.

KPPN merinci Pemerintah Desa dengan tertinggi menyalurkan Dana Desa untuk Kabupaten Pati adalah Desa Kutoharjo, Kecamatan Pati dengan serapan sebesar 87,17 persen. Sementara di Kabupaten Rembang  adalah Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem dengan serapan mencapai sebesar 96,72 persen.

Kemudian, lanjut Marno kecamatan tertinggi yang telah disalurkan Dana Desa di Kabupaten Pati yakni Kecamatan Margorejo dengan serapan sebesar 76,86 persen. Lalu, Kabupaten Rembang  adalah Kecamatan Sedan dengan serapan mencapai sebesar 79.01 persen.

Meski, menurutnya penyaluran sudah cukup baik, tetapi bagi desa yang belum mengajukan Dana Desa Non BLT tahap II untuk segera memenuhi persyaratannya ke Pemda masing-masing, agar Dana Desa dapat segera disalurkan.

“Percepatan penyaluran Dana Desa terus didorong untuk segera dilakukan  dengan satu harapan agar dapat memacu pergerakan ekonomi di lingkup desa dan mengurangi dampak pandemi yang dirasakan oleh masyarakat,” harapnya.