PPKom Uji Rekanan Paket Kolam Tambat Kapal; Sepekan Mampu Menyelesaikan Berapa Meter ”Begisting”

0
75
Pihak Direksi dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Paket pekerjaan lanjutan kolam tambat kapal saat mengecek langsung pembuatan ”begisting” atau cetakan beton sementara untuk pengecoran konstruksi dermaga kolam tambat kapal, di kawasan Pulau Seprapat Juwana.(Foto:SN/dok-jik)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Selesainya sebagian besar pemancangan ”spun pille”  untuk konstruksi dermaga kolam tambat kapal di kawasan Pulau Seprapat Juwana, segera diikuti dengan pembuatan ”begisting” untuk mencetak beton sementara dermaga kolam tambat kapal tersebut.  Karena itu, Kamis (5/Agustus) kemarin pihak Direksi dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) paket pekerjaan itu, langsung mengecek langsung ke lokasi.

Hal tersebut juga sekaligus untuk menguji berapa kemampuan para pekerja rekanan yang bersangkutan bisa menyelesaikan pekerjaan pembuatan ”begisting” dalam kurun waktu sepekan. Sebab, untuk melaksanakan pekerjaan pembuatan kelengkapan itu sebelumnya tidak masuk dalam perencanaan, bahwa untuk melakukan pengecoran  beton itu dibutuhkan pencetak sementara yag jusru meyita waktu.

Dengan demikian, papar PPKom yang bersangkutan H Darno dari Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, berkait hal tersebut pihaknya harus memberlakukan optimalisasi. ”Melalui upaya pemanfaatan sisa anggaran lebih kemudian dilakukan peghitungan tambah-kurang dengan pihak rekanan,” ujarnya.

Pihak Direksi da PPKom juga mengecek pemancangan ”spun pille” di lokasi paket pekerjaan kolam tambat kapal.(Foto:SN/dok-jik)

Mengingat hal tersebut, lanjutnya, maka berapa kemampuan para pekerja dalam membuat ”begisting”  harus benar-benar diperhitungkan karena menyangkut optimalisasi. Sedangkan untuk ukuran pencetak tersebut tentu harus menyesuaikan lebar dermaga yang mencapai 4,25 meter dan panjang seluruhya lebih dari 700 meter.

Karena itu, berapa kemampuan para pekerja bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut selama sepekan, jika kemarin untuk pekan ini bisa menyelesaikan sepanjang 29 meter. Setelah jam istirahat hingga selesainya jam kerja di sore hari, tentu akan bisa menambah sekiar 5 sampai 10 meter sehingga seluruhnya bisa mencapai 35-40 meter. Dengan demikian, dalam sepekan ini masih ada sisa waktu dua hari sampai Sabtu besok yang diharapkan bisa menghasilkan total panjang pencetak itu minimal 50 meter.

Jika dalam sepekan bisa menyelesaika pembuatan pencetak sepanjang itu, maka tinggal membagi berapa panjang seluruh dermaga, sehingga semuanya membutuhkan waktu berapa lama. ”Besar kemungkinan untuk menyelesaiakan pembuatan pencetak sementara cor beton dermaga kolam tambat kapal, tetap membutuhkan tambahan waktu dan tenaga sehingga harus lembur,” imbuhnya.