Kemarin Pemakaman Jenazah Standar Protokol Covid-19 Mengulang Rabu Lalu

0
67
Kondisi tim pemakaman saat dalam kelelahan seperti ini memang sering terjadi saat harus memakamkan jenazah standar protokol Covid-19 dalam jumlah cukup banyak.

SAMIN-NEWS.com, PATI –  Sehari sebelumnya atau Jumat (30/Juli) lalu, tim pemakaman jenazah dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati, harus kembali memakamkan jenazah standar protokol Covid-19, jumlahnya kembali di atas anhgka sepuluh. Akan tetapi, Sabtu (31/Juli) kemarin, benar-benar membuat tim tersebut harus lebih banyak memanjatkan doa syukur.

Sebab, lonjakan jenazah yang harus dimakamkan tim tidak lagi kembali terulang karena kiriman jenazah dari daerah lain juga sama sekali tidak ada. Dengan demikian, kondisinya benar-benar mengulang seperti Rabu (28/Juli) lalu, ketika tim tersebut memakamkan jenazah dengan jumlah yang hanya tiga dalam kurun waktu, mulai dari pagi hingga malam.

Hal tersebut dibenarkan oleh Koordinator Tim Pemakaman BPBD Pati, Khayun Fulanun yang juga menegaskan harapannya, bahwa inilah tiba saatnya jenazah warga Pati yang meninggal harus dimakamkan standar protokol Covid-19, benar-benar akan segera berakhir. ”Karena itu, jika kemarin hanya tiga jenazah hal itu sudah lebih dari cukup, dan hari-hari berikutnya juga kembali berkurang,” ujarnya.

Dengan kata lain, lanjutnya, untuk hari ini, Minggu (1/Agustus) sesuai laporan yang diterima tadi pagi tim cukup memakamkan satu jenazah ke Desa Tanjunganom, Kecamatan Gabus. Sehingga harapan berikutnya, setelah itu semoga saja tim tidak lagi melaksanakan tugas pemakaman, baik siang maupun sore dan malam hari nanti.

Harapan tak jauh berbeda juga ditujukan ke tim Pati utara yang Sabtu (31/Juli) kemarin juga hanya memakamkan satu jenazah. Sedangkan tim Pati selatan cukup dengan memakamkan dua jenazah dan yang satu jenazah itu pun dimakamkan sendiri oleh tim desa, sehingga baik utara maupun selatan masing-masing memakamkan satu jenazah.

Jika kondisi yang berlangsung hari ini tak jauh berbeda dengan kemarin, maka mengawali bulan ini (Agustus) bersamaan saatnya warga harus memperingati HUT Ke-76 Kemerdekaan RI tanggal 17 nanti, benar-benar mendapat kado yang sangat berharga. ”Apalagi, khusus Pati sendiri, Sabtu (7 Agustus) nanti juga akan memperingati hari jadinya ke-698,”imbuhnya.