Hadirnya Kampung Literasi Picu Meningkatnya Pengetahuan Digital

0
25

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati mengatakan di era teknologi informasi sekarang ini, pengetahuan digital sangat penting. Sehingga, derasnya informasi bisa disikapi dengan positif.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Diskominfo, Indriyanto saat menerima audiensi Sosialisasi program Kampung Literasi dari TBM Omah Buku Kosmasari, Sabtu (28/8/2021). Bahkan, di Diskominfo sendiri ada program Kelompok Informsi Masyarakat (KIM).

“Apresiasi untuk langkah ini terlebih dengan diisi anak muda. Bahkan beberapa waktu lalu disampaikan kalau ini bisa menjadi kelompok informasi masyarakat (KIM),” terang Indriyanto.

Pengembangan informasi masyarakat adalah satu di antara bagian dari literasi masyarakat. Apalagi menyangkut informasi teknologi seperti ini yakni masuk dalam ranah literasi digital.

Sementara itu, sosialisasi ini didampingi juga Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Endah Murwaningrum. Ia menyampaikan Diskominfo akan mendukung kegiatan peningkatan literasi dalam bentuk program Kampung Literasi.

Meski belum bisa membantu secara fisik, namun sebagai tugas Diskominfo adalah dalam hal informasi, maka akan membantu menyebarluaskan kekurangan apa yang masih dialami, termasuk kaitannya sarana penunjang literasi digital.

“Memang kaitannya dengan kemajuan teknologi, literasi digital sangat penting. Oleh sebab itu, sarpras untuk digital seperti PC, wifi, Android itu syarat utamanya,” ujar Endah.

Pengerjaan Kampung Literasi TBM Omah Buku Kosmasari saat ini baru tahap sosialisasi di lingkungan pemerintah setempat. Adapun, realisasinya besar kemungkinan bulan September 2021.