Diskominfo Wujudkan Forum Satu Data Indonesia

0
32

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) membentuk Forum Satu Data Indonesia. Forum tersebut dimaksudkan menyamakan persepsi, mewujudkan data yang akurat, valid yang bermanfaat dalam pelaksanaan pembangunan.

Kepala Diskominfo, Indriyanto menyatakan Satu Data Indonesia memang sudah menjadi keharusan. Meski, dalam proses pengelolaan mewujudkan satu data yang akurat perlu upaya terintegrasi.

“Satu Data Indonesia diharapkan bisa menjadi jawaban agar ada persamaan data sehingga walaupun mengurusi data itu njelimet tapi kita harus berkomitmen untuk bisa mewujudkannya,” ujar Indriyanto.

Hal tersebut disampaikan pihaknya saat rakor bersama dengan BPS dan Bappeda. Pembentukan Forum Satu Data Indonesia berdasarkan Peraturan Presiden Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Dengan pembentukan ini akan mampu menyediakan data secara akurat dan menyeluruh. Sehingga, data ini akan membantu pemerintah dalam mengambil perumusan kebijakan, perencanaan, evaluasi pelaksanaan pembangunan.

“Merupakan terobosan pemerintah untuk mengatur tata kelola data dalam rangka mendukung pembangunan holistik,” terang Indriyanto.

Untuk itu Diskominfo Pati berkoordinasi dengan Badan Pusat Statistik dan Bappeda Pati untuk menyamakan persepsi dan perlu adanya sinkronisasi dengan sesama OPD terkait.