Sebagian Masyarakat Payang Tidak Kebagian Jatah Dosis Vaksin

0
72
Saat dilaksanaknnya vaksinasi masal bagi warga payang.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah daerah terus menggenjot pencapaian sasaran vaksinasi bagi masyarakat. Vaksinasi yang sebelumnya menyasar kalangan nakes, tenaga kesehatan serta lansia, kini telah menjangkau masyarakat umum di pedesaan, termasuk Desa Payang, Kecamatan/Kabupaten Pati.

Vaksinasi masal bagi masyarakat Payang ini dilaksanakan di Aula Balaidesa setempat, Selasa (6/7). Kegiatan berlangsung secara prokes ketat, dengan diatur mengantre agar masyarakat tidak bergerombol.

“Jumlah vaksinasi kedua Desa Payang berjumlah 110, tapi yang pertama 40,” ujar Kepala Desa Payang, dr, Hj. Dewi Ernawati disela kegiatan vaksinasi kepada awak media.


Saat dilaksanaknnya vaksinasi masal bagi warga payang.

Menurut Ernawati, masyarakat cukup antusias mengikuti vaksinasi. Karena vaksinasi tersebut untuk banyak keperluan, misalnya untuk perjalanan, pekerjaan, juga penerimaan BLT yang mengharuskan ada surat keterangan vaksin.

Bahkan, kata dia masyarakat ada yang tidak kebagian jatah dosis vaksin. Pasalnya, dari Puskesmas Pati II tersebut hanya menyediakan sejumlah dosis vaksin kedua yang telah ditetapkan.

“Dosis vaksin yang dibawa puskesmas Pati II itu hanya jatah vaksin kedua. Nah, yang lainnya masih menunggu dari Puskesmas Pati II itu,” imbuh Ernawati.

Terkait dengan belum berakhirnya wabah pandemi Covid-19, Pemdes Payang giat mensosialisasikan protokol kesehatan. Pemdes Payang mengumumkan kepada semua lembaga masyarakat desa untuk tetap memakai protokol kesehatan, tidak boleh berkerumun, tidak boleh mengadakan kegiatan keagamaan, hajatan, semua kegiatan yang menimbulkan kerumunan dilarang.

Kemudian, lanjut Ernawati mengingatkan setiap keluar rumah wajib pakai masker, cuci tangan. Sosialisasi ini digencarkan terus dengan berkeliling serta menggandeng Bhabinkamtibmas-Babinsa.