Sadewo Fasilitasi Kades se-Kecamatan Winong Rencana Pembangunan Bendungan

0
78
Anggota DPR RI, Sadewo.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Anggota DPR RI, Sadewo memfasilitasi para tokoh masyarakat terhadap rencana proyek pembangunan bendungan di Kecamatan Winong, Selasa (27/7/2021). Kegiatan ini setidaknya ada beberapa poin mulai survei, investigasi dan desain.

Dari ketiga pokok tahap tersebut, pada intinya untuk mengakomodasi saran pendapat hingga masukan masyarakat terhadap perencanaan pembangunan bendungan itu.

Sadewo menyatakan dari tiga item ini di antaranya adalah kegiatan konsultasi masyarakat dalam rangka menghimpun saran, pendapat dan masukan masyarakat pemanfaat bendungan maupun terindikasi yang akan tergenangi bendungan.

“Forum pertemuan konsultasi masyarakat ini tahap pertama, di rumah kami. Dengan acara konsultasi dengan masyarakat minta masukan saran dan pendapatnya,” ucap Sadewo kepada wartawan.

Lebih lanjut, katanya bahwa masyarakat yang dimaksud yang diundang adalah para tokoh masyarakat masing-masing desa yang dalam hal ini adalah kepala desa.

“Kami undang semua kades se-Kecamatan Winong dan beberapa kades di Kecamatan Pucakwangi,” imbuhnya.

Dari kajian konsultan ini, pihaknya menjelaskan ada tiga alternatif titik bendung. Adapun alternatif satu yaitu dengan rincian jumlah air sebanyak 1,3 juta meter kubik. Alternatif dua 2,7 juta meter kubik air, dan alternatif tiga 10,5 juta meter kubik.

“Dari konsultasi ini mereka menyampaikan saran kepada Balai Besar Wilayah Pemali Juwana Kementerian PUPR itu diberi saran memilih alternatif ketiga,” tambah dia.

Sadewo mengungkapkan alasan memilih alternatif tiga ini yakni lantaran semua desa di Kecamatan Winong dan beberapa di Kecamatan Pucakwangi itu sangat membutuhkan air, baik untuk pertanian maupun lainnya.

“Untuk tahap berikutnya dilaksanakan survei dan investigasi dan desain secara detail,” Sadewo menjelaskan.