Sampai Pukul 22.00 Tadi Malam Jenazah yang Harus Dimakamkan Standar Protokol Covid-19 Ada 18

0
415
pemakaman standar protokol covid-19
Pemakaman jenazah standar protokol Covid-19 pada Jumat (11/Juni) tadi malam (semalam) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kepoh, Kampung Randukuning, Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sampai pukul 22.00 Jumat (11/Juni) tadi malam (semalam), Tim Pemakaman Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati 1 (tengah), Pati 2 (utara), dan Pati 3 (selatan) tambahan baru, selesai memakamkan sebanyak 15 jenazah standar protokol Covid-19. Sebenarnya masih ada 3 jenazah lainnya terpaksa ditunda, dan baru dimakamkan Sabtu (12/Juni) tadi pagi.

Hal tersebut menjadi tugas Tim Pati 1 karena lokasi pemakamannya berada di wilayah tengah, di antaranya di Desa Ngarus, Kecamatan Pati. Penundaan pemakaman tadi malam, karena tim tersebut benar-benar berada dalam kondisi kelelahan karena seharian sudah menyelesaikan pemakaman lima jenazah, terakhir di Desa Payang, Kcamatan Pati.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun ”Samin News” menyebutkan, selesai pemakaman jenazah yang disebut terakhir, tim ini harus membagi tugas dengan tim tambahan yang harus bertugas di wilayah Pati selatan. Sebab, pada sore hari di wilayah ini ada satu tambahan jenazah  yang harus dimakamkan dengan standar protokol Covid-19, di Desa Wegil, Kecamatan Sukolilo.

Sedangkan dua jenazah lainnya baru sore kemarin dimakamkan, yaitu jenazah seorang perempuan, warga Desa Tawangrejo, Kecamatan Winong. Sebelum meningal almarhumah sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Soewondo Pati, dan satu jenazah lainnya warga Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen.

Pemakaman jenazah standar protokol Covid-19 warga Kampung Randukuning, Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati di TPU Kepoh, tadi malam.(Foto:SN/aed)

Ditanya berkait hal tersebut, salah seorang personel tim Pati 1, Purnama membenarkan, dan timnya sore kemarin juga harus menyelesaikan pemakaman sisa 9 jenazah yang belum diselesaikan. Jika tim Pati 3 ke selatan, timnya harus menuju ke Gembong, tepatnya ke TPU Desa Semirejo untuk memakamkan jenazah seorang laki-laki warga Desa Wonosekar juga di kecamatan yang sama dan bertetangga.

Sementara itu, Tim Pemakaman Pati 2 (utara) Jumat kemarin, menyelesaikan pemakaman dua jenazah dari RS Sebening Kasih Tayu. Sampai sore tidak ada penambahan, tapi timnya masih harus melaksanakan pemakaman dua jenazah, masing-masing di TPU Kepoh, di Kampung Randukuning, Kelurahan Pati Lor, dan di TPU Karangdowo Desa Kutoharjo, Kecamatan Pati.

Tahap akhir proses pemakaman jenazah adalah pengurukan/penutupan lubang, penempatan nizan di atas pusara, selesai itu tim pun bergerak meninggalkan lokasi pemakaman .(Foto:SN/aed)

Di lokasi pemakaman yang disebut terakhir, tambahnya, begitu selesai pun disepakati kembali ke Posko BPBD, di pinggir jalan raya Pati-Kudus. Ternyata, tim yang bertugas ke Pati selatan juga sudah kembali sehingga sejak pagi sampai malam, baik tim Pati 1, 2, dan tim tambahan baru berhasil menyelesaikan pemakaman 15 jenazah.

Sedangkan tiga jeazah lainnya, disepakati untuk dilanjutkan pemakamannya pada Sabtu pagi mengingat, tim memang sudah kelelahan termasuk. ”Selain harus memakamkan tiga jenazah yang ditunda juga sudah ada tambahan informasi satu lagi jenazah yang hari ini harus dimakamkan dari RS Mitra Bangsa Pati,”ujarnya.