Perpusdes Bagian Pembangunan Manusia Lingkup Desa

0
21
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati, Sudiyono.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati Sudiyono menyebut upaya pembangunan sumber daya manusia (SDM) melalui beragam bentuk. Pembangunan ini termasuk berlaku di pemerintah desa (Pemdes).

Pembangunan SDM merupakan bagian faktor kemajuan desa hingga lingkup nasional. Oleh karena itu, penyediaan perpustakaan desa (Perpusdes) akan mendorong meningkatkan literasi masyarakat.

“Untuk desa agar maju salah satunya pembangunan manusia misalnya pembangunan literasi. Ini berkaitan dengan upaya pengembangan desa melalui pembinaan,” kata Sudiyono di ruangannya kepada Samin News, Rabu (9/6/2021).

Pemerintah, menurutnya memperhatikan dan mendukung pembangunan SDM. Hal ini dibuktikan dengan dana desa (DD) oleh pemerintah pusat kepada Pemdes bisa diplotkan untuk pembiayaan Perpusdes.

Sudiyono mengatakan dalam pengembangan perpusdes dana desa (DD) bisa digunakan untuk itu. Akan tetapi, tidak ada persentase jumlahnya. Tergantung kemampuan DD dalam membiayai anggaran tersebut.

Terlebih, menurutnya saat ini Pemdes banyak tersedot untuk BLT DD (bantuan langsung tunai dana desa), penanganan Covid-19, dan lainnya. Terkait pembiayaan pembangunan desa bukan hanya sebatas pembentukan perpustakaan.

“Ada inovasi desa, pengembangan informasi desa, pengembangan IT desa, penanganan stunting. Itu jelas tergantung kebutuhan pemerintah desa,” ungkapnya.

Terkait anggaran Perpusdes ini, kata Sudiyono persoalan kebutuhan. Bahkan tidak sebatas lingkup desa, melainkan semua lini termasuk OPD (organisasi perangkat daerah) termasuk harus ada perpustakaan yang disediakan.

“Terlebih perpusdes ini adalah bagian dari pengembangan dan pembangunan sumber daya manusia. Ini salah satunya penyediaan informasi melalui perpusdes,” tandasnya.