Perekrutan Relawan Covid-19 di RSUD Soewondo Sepi

0
68

SAMIN-NEWS.com, PATI – Beberapa rumah sakit di Kabupaten Pati membuka lowongan untuk bergabung menjadi relawan dalam penanganan Covid-19. Salah satu rumah sakit yang membuka relawan ini adalah Rumah sakit umum daerah (RSUD) RAA Soewondo.

Direktur RSUD RAA Soewondo Pati, Edy Siswanto mengatakan pembukaan perekrutan relawan di Pati tidak begitu banyak peminatnya. Tujuan perekrutan relawan ini untuk membantu tugas tim medis dalam rangka merawat pasien Covid-19.

“Perekrutan relawan Covid-19 di Pati agak sepi peminatnya. Mungkin barangkali terkait honor yang sedikit,” katanya saat ditanya Samin News, Kamis (17/6/2021) kemarin.

Tenaga kesehatan di rumah sakit, lanjutnya meski tidak dijelaskan secara pasti jumlahnya namun ia mengaku ada beberapa nakes yang terpapar konfirmasi Covid-19. Oleh karena itu, mereka kini sedang menjalani isolasi.

Selain itu, lantaran nakes isolasi maka tenaga kesehatan jelas akan kekurangan dalam merawat pasien Covid-19. Terlebih, pasien yang dirawat di RSUD Soewondo saat ini memenuhi ruangan yang disediakan.

Pihaknya mengaku terkait dengan relawan ini pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Tengah bersedia memfasilitasi dan akan mengirimkan sejumlah relawan yang akan dikirim ke Kabupaten Pati.

“Yang kita butuhkan itu 4 dokter umum, 2 dokter spesialis, 80 perawat, 2 sopir, 2 untuk pemulasaraan jenazah dan 1 untuk komputer,” terangnya.

Ia menambahkan, relawan ini nantinya di bawah kewenangan Dinas Kesehatan Pemprov. Oleh karena itu, secara aturannya relawan ini sesuai dengan honor yang ditetapkan oleh Pemprov. Dan nominalnya tentu lebih tinggi dari kemampuan daerah.

Di lain sisi, akibat persebaran virus corona desease di Kabupaten Pati yang cukup tinggi ini menyebabkan kebutuhan oksigen juga sebanding. Dan hal ini, ia menjelaskan terkadang ketersediaan tabung oksigen juga telat dikirim oleh Samator Gas selaku pemasuk tabung oksigen.

“Karena jumlah pasien banyak, kebutuhan tabung oksigen juga banyak. Tidak hanya di sini, rata-rata di rumah sakit. Jadi, pengirimannya kadang agak telat itu,” pungkasnya.