Penyelenggaraan SKPP di Kabupaten Pati Bisa Secara Luring

Ahmadi

SAMIN-NEWS.com PATI – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pati adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang menyelenggarakan sekolah kader pengawas partisipatif (SKPP). Kabupaten Pati bersama 17 daerah lainnya membuka kependidikan terkait pengawas partisipatif.

Ketua Bawaslu Pati, Ahmadi mengatakan penyelenggaraan SKPP akan dilaksanakan bulan Juli 2021 mendatang. Bawaslu Pati tahun 2020 kemarin juga membuka sekolah pengawas partisipatif. Namun saat itu lantaran pandemi, SKPP dilakukan secara daring.

“Pelaksanaan bulan Juli dengan diikuti oleh 100 orang pendaftar yang berlangsung selama 3 (tiga) hari,” kata Ketua Bawaslu Pati, Ahmadi kepada Samin News, Kamis (17/6/2021).

Sekolah kader ini yakni dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat ikut mengawasi pelaksanaan pemilu. Dengan tujuan untuk menumbuhkan kader-kader pengawas partisipatif guna menjaga demokrasi di Indonesia semakin baik.

SKPP itu akan membahas bersama terkait dengan kepemiluan serta dipandu oleh praktisi kepemiluan maupun akademisi yang ahli di bidangnya.

“Materinya tentang kepemiluan mulai dari tata kelola pemilu, pengawasan partisipatif dan seterusnya,” imbuh Ahmadi.

Ia menerangkan SKPP dimungkinkan bakal dilaksanakan secara luring atau tatap muka. Hal ini dengan melihat perkembangan kasus penyebaran pandemi Covid-19 di daerah. Kemudian memperoleh izin dari Satgas Covid-19 Kabupaten.

“Kalau kondisi Covid-19 menurun dan mendapat ijin dari Satgas Covid-19, maka SKPP akan dilakukan secara tatap muka,” jelasnya.

Pendaftaran Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) 2021 di Kabupaten Pati sendiri sudah dibuka pendaftar sejak tanggal 24 Mei 2021 yang lalu dan berakhir pada tanggal 28 Mei 2021.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Edy Siswanto Previous post Jumlah Nakes di Soewondo ‘Ngap-ngapan’ Tangani Pasien Covid-19
Next post E-Koran Samin News Edisi 17 Juni 2021
Social profiles