Pemdes Perdopo Vaksinasi Kelompok Lansia

0
32
Vaksinasi di desa perdopo
Pelaksanaan vaksinasi lanjut usia (Lansia) di Pemerintah Desa (Pemdes) Perdopo, Kecamatan Gunungwungkal, Selasa (15/6/2021)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pelaksanaan vaksinasi lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Pati terus digalakkan. Pemerintah Kabupaten Pati menyasar beberapa kalangan di antaranya tenaga kesehatan (nakes), pelayan publik juga termasuk kelompok rentan lainnya yakni kelompok lansia.

Pemerintah Desa (Pemdes) Perdopo, Kecamatan Gunungwungkal, Selasa (15/6/2021) pagi tadi juga menggelar vaksinasi di Balaidesa setempat. Vaksinasi ini ditujukan bagi lansia.

“Petugas vaksinasi dari Puskesmas Gunungwungkal dengan menyasar 100 lansia,” kata Kepala Desa Perdopo, Eddy Susanto kepada Samin News.

Lansia adalah kelompok prioritas dalam pemberian vaksinasi karena rentan terpapar Covid-19. Ketika terpapar, biasanya lebih berat terlebih memiliki penyakit penyerta.

Beberapa upaya dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi serta mengendalikan penyebaran corona virus desease. Di mana Kabupaten Pati belakangan ini adalah salah satu daerah di Jawa Tengah dengan penyebaran yang cukup tinggi.

Menurutnya, vaksinasi lansia secara umum dan khususnya bagi warganya akan meningkatkan sistem imun tubuh. Vaksinasi ini merupakan program pemerintah untuk membentuk herd immunity atau kekebalan secara komunal menyeluruh.

“Vaksinasi bagi lansia untuk menanggulangi penyebaran covid-19. Imun masyarakat akan kuat dan tidak terpapar virus,” harap Eddy.

Oleh sebab itu, target capaian vaksinasi harus segera dituntaskan. Selain memang sebagai kekebalan komunal, juga yang perlu diperhatikan adalah penyediaan dosis vaksin yang harus benar-benar tersedia. Dengan semua kelompok rentan sudah divaksin, maka diharapkan pandemi segera berakhir.