Kabupaten Pati Diwakili Pati Kidul di Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kelurahan Pati Kidul, Kecamatan Pati menjadi wakil Kabupaten Pati dalam ajang Lomba Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Bidang Pengembangan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Wulandari Dyah Suryanti menyatakan lomba kelurahan di tingkat kabupaten  sudah dilaksanakan tahun 2020 kemarin. Dan Pati Kidul terpilih mewakili Kabupaten Pati.

Lomba kelurahan tingkat kabupaten diikuti oleh lima kelurahan di Pati di antaranya, Pati Kidul, Pati Lor, Pati Wetan, Parenggan dan Kalidoro.

“Pelaksanaan verifikasi lapangan oleh tim provinsi dilakukan Selasa (8/6) kemarin. Ada tiga nominasi kelurahan di Jawa Tengah, yakni kelurahan di Surakarta, Pati dan Cilacap,” kata Yanti di kantornya kepada Samin News, Rabu (9/6/2021).

Menurut Yanti Kelurahan Pati Kidul cukup bagus baik dari segi pemerintahan maupun dari segi tingkat partisipasi masyarakat.

Indikator penilaian lomba kelurahan tingkat Provinsi Jawa Tengah, kata dia cukup banyak mulai bidang Pemerintahan, bidang Kewilayahan dan bidang Kemasyarakatan.

“Bidang Pemerintahan meliputi Pemerintahan, Kinerja, Inisiatif dan kreatifitas dalam pemberdayaan masyarakat, kelurahan berbasis teknologi/e-government serta pelestarian adat budaya,” jelasnya.

Di bidang Kewilayahan yakni Identitas, Batas, Inovasi, Tanggap dan Siaga bencana, pengaturan investasi kemudian pelestarian lingkungan hidup.

“(kemudian) bidang Kemasyarakatan di antaranya partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, peningkatan kapasitas pemerintah kelurahan dan masyarakat,” tambahnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Perkuatan Lapisan Aus Paket Peningkatan Segmen I Winong-Pucakwangi Terganggu Genangan Air Hujan
Next post Pemkab Pati : Perbolehkan Sedekah Bumi, Namun di Batasi
Social profiles